Katingan

Pjs Bupati Katingan FSQ Sebagai Salah Satu Pembina Umat Islam

KASONGAN,GERAKKALTENG.COM- Pjs Bupati Katingan Suhaemi membuka secara resmi Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-V tingkat Kabupaten Katingan, Sabtu (5/5/2018) malam di gedung salawah kasongan.

Suhaemi mengatakan bahwa lembaga seni Qasiah Indonesia (Lasqi) tidak hanya sebatas nama papan lembaga tetapi merupakan tempat berkumpulnya para seni seniman qasidah.

“Seni Qasidah mempunyai visi dan misisesuai trilogi Lasqi yaitu instrumen pengembangan memasyarakatkan dan mempertahankan salah satu cabang seni tarian pesisir seperti hadrah,”Ujarnya

Dirinya, menuturkan bahwa seni qasidah seni budaya islam dimana didalamnya memiliki arti strategis yakni sebagai salah satu pembinaan umat Islam, dan harus terus dikembangkan.

Pergelaran FSQ ke-V tingkat kabupaten Katingan ini dipersiapkan untuk mencari dan mempersiapkan duta-duta untuk mengikuti FSQ tingkat provinsi Kal-Teng yang akan digelar di Nanga Bulik Kabupaten Lamandau.

Sementara itu ketua panitia pelaksana yang juga kepala kementrian agama katingan H. Muhadi, dalam laporannya menyapaikan jumlah keseluruhan peserta FSQ yaitu 387 orang yang terdiri dari peserta dan official.

H. Muhadi juga menyampaikan dalam pergelaran FSQ dari 13 kecamatan di Kabupaten Katingan terdapat satu kecamatan yang tidak mengikuti FSQ.

“Dari total 13 kecamatan ada satu kecamatan yang tidak mengikuti yaitu kecamatan Sanaman Mantikei, dimana mereka selama dua tahun berturut-turut tidak mengikuti FSQ tingkat Kabupaten,”Ujarnya

Sementara itu pada FSQ ini perlobaan yang dilombakan yakni, qasidah klasik, Bintang vokalis anak, bintang vokalis ramaja, bintang vokalis dewasa, dan seni fashion benang bintik putra putri.

Sementara itu untuk kafilah dari kecamatan-kecamatan diinapkan dirumah penduduk setempat.
(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *