Palangka Raya

Angkutan Mudik Dari Palangka Raya Akan Dicek Kelaikannya

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Pihak Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya  direncanakan akan melakukan cek kelaikan angkutan mudik lebaran disejumlah terminal Palangka Raya.

“Ya, direncanakan Senin 11 Mei ini, Walikota Palangka Raya dan jajaran terkait akan melakukan pengecekan kelaikan armada angkutan mudik,”ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota  Palangka Raya, Eldy, Minggu (10/6/2018).

Dikatakan, selain melakukan pengecekan kelaikan armada angkutan darat, maka pengecekan kelaikan juga dilakukan pada armada angkutan sungai terutama kapal angkut maupun  perahu angkutan pariwisata.

“Pengecekan kelaikan akan dilakukan di Terminal Mihing Minahasa, Pelabuhan Rambang  dan Pelabuhan Dermaga Kereng Bangkirai, direncankan pengecekan mulai pukul 09.00 WIB,”ujarnya lagi.

Lanjut Eldy, pengecekan  dilakukan tidak lain untuk melihat kesiapan baik sopir maupun armada. Sebut saja ban tidak boleh vulkanisir, kemudian lampu, rem, semuanya harus  betul-betul  prima,termasuk kesehatan sopir.

Sejauh ini kata dia, Pemko Palangka Raya melalui suku Dinas Perhubungan  sudah melakukan pengecekan atau ramp check kesiapan armada, baik di terminal angkutan darat dan sungai.

“Diharapkan setelah diperiksa kelaikan, semua angkutan dapat mengantarkan para penumpang dengan selamat sampai ketujuan,”tandasnya.

Ditambahkan Eldy, selain melakukan pengecekan kelaikan angkutan lebaran, diterminal  maupun dermaga serta pelabuhan dalam Kota Palangka Raya, maka direncanakan jajaran pemko, juga akan ikut melakukan pengecekan armada angkutan di Terminal AKAB WA Gara, bersama dengan jajaran Pemerintah Provinsi Kalteng.

Pada pengecekan armada di terminal AKAB tersebut, nantinya terutama angkutan jenis bus yang sudah memenuhi syarat akan dikasih stiker, sedangkan yang tidak memenuhi syarat dilarang beroperasi.

“Terminal AKAB ini kan masih ditangani Kemenhub, jadi  belum ada pelimpahan ke pihak pemrov ataupun diserahkan kembali ke pemko. Sebab itu  pemeriksaan armada angkutan dilakukan pihak kementrian,”terangnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *