HEADLINEKalimantan TengahKalteng Berkah

Upaya Mengangkat Nilai Budaya Lokal, Dispodbudpar Provinsi Gelar Seminar

Gerakkalteng.com – Palangka Raya – Dalam upaya mengangkat nilai-nilai budaya lokal di Kalimantan Tengah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng menyelenggarakan Seminar dan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kalimantan Tengah, bertempat di Ruang Kahayan 1 Swiss-bell Hotel Danum Palangka Raya, Selasa (5/9/2023).

Kadisbudpar Prov. Kalteng dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid. Kesenian, Tradisi dan Warisan Budaya Sussy Asty menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini, dengan harapan semoga dapat mengangkat nilai-nilai budaya lokal di Kalimantan Tengah.

Pemajuan Kebudayaan menggariskan empat langkah strategis yakni : pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan. Dalam melaksanakan mandat pemajuan kebudayaan tersebut diperlukan pedoman, sebagaimana yang diamanatkan pada pasal 8 UU pemajuan kebudayaan.

“Dalam pasal tersebut, pemerintah daerah kabupaten/kota dan pemerintah provinsi wajib menyusun dokumen perencanaan pemajuan kebudayaan, berupa pokok pikiran kebudayaan daerah (PPKD)” ucap Sussy.

“Dokumen tersebut kemudian dirangkum dalam dokumen strategi kebudayaan dan rencana induk pemajuan kebudayaan oleh pemerintah pusat” sambungnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, menekankan pentingnya keterlibatan Dinas Kab/Kota, BAPPEDA Kab/Kota, BAPPEDA Provinsi yang membidangi kebudayaan, serta masyarakat (seniman, budayawan, pendidik, tokoh masyarakat dll) melalui wakil para ahli, sehingga dapat merumuskan kondisi faktual mengenai permasalahan dan rekomendasi pemajuan kebudayaan di Kalimantan Tengah.

“Harapan saya, kegiatan ini dapat menghasilkan rumusan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kalimantan Tengah yang berguna bagi pembangunan kebudayaan di Kalimantan Tengah demi mewujudkan KALTENG semakin BERKAH” imbuhnya.

Senada dengan itu Pamong Budaya Ahli Muda Gauri Vidya Rampai saat membacakan laporan Ketua Panitia menyebut, kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat nilai-nilai budaya lokal daerah, mengetahui gambaran keadaan riil tentang objek pemajuan kebudayaan di Kabupaten/Kota dan Provinsi Kalimantan Tengah, serta analisis dan rekomendasi untuk implementasi Pemajuan Kebudayaan di Provinsi.

“Kegiatan seminar dan FGD ini dilaksanakan sejal tanggal 5 s.d 7 September 2023, di Swiss-bellHotel danum Palangka Raya” sebut Gauri.

“Hasilnya nanti akan dituangkan dalam dokumen PPKD atau pokok pikiran kebudayaan daerah Provinsi Kalimantan Tengah” ujarnya.

Peserta pada kegiatan ini terdiri dari ASN lingkup Disbudpar Prov. Kalteng, Dinas yang membidangi Kebudayaan pada Kabupaten/Kota se-Kalteng, Bappedalitbang Prov. Kalteng, Bappeda Kabupaten/Kota se-Kalteng, Seniman, Budayawan dan Tokoh Masyarakat Kalimantan Tengah.

(Dn/mmc/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!