Palangka Raya

Cek Kesiapan Obyek Wisata Sambut libur lebaran

Wali Kota Palangka Raya : Pengelola usaha untuk memastikan, safety Kelayakan Fasilitas perahu susur sungai,Serta terus melakukan pengecekan hal-hal yang berpotensi membahayakan pengunjung.

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – Walikota Palangka Raya HM Riban Satia pada Senin pagi (11/6/2018) melakukan pengecekan kesiapan salah satu obyek wisata di kota setempat dalam menyambut libur lebaran 2018.

Kedatangan wali kota Palangka Raya dua periode itu, tidak sendiri. Ia di dampingi wakilnya Mofit Saptono Subagio, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya, Eldy serta jajaran Polres Palangka Raya.

Salah satu obyek wisata yang di datangi wali kota dan rombongan tersebut adalah kawasan wisata Air Hitam”Kelurahan Kereng Kecamatan Sebangau. Tampak rombiongan mendatangi dermaga Kereng Bangkirai, dimana pada dermaga tersebut, sejumlah pengusaha wisata menyediakan perahu susur sungai.

“Kunjungan kita ke kawasan obyek wisata air hitam, tepatnya di Dermaga Kereng Bangkirai ini, adalah untuk memastikan, bagaimana fasilitas wisata yang dikelola pelaku usaha, apakah telah siap menghadapi libur lebaran,”ungkap Riban, usai melakukan pengecekan.

Menurutnya, bila berkaca dari tahun sebelumnya, maka lonjakan wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata, salah satunya ke kawasan wisata air hitam cukup tinggi. Sebab itulah fasilitas utama yang ada di obyek wisata tersebut seperti perahu susur sungai , harus benar-benar memiliki tingkat kelaikan saat dioperasionalkan.

“Kita mendorong para pengelola usaha untuk memastikan, safety usaha harus layak. Serta terus melakukan pengecekan hal-hal yang berpotensi membahayakan pengunjung,”tutur Riban.

Ia juga meminta agar para pengelola usaha perahu susur sungai , dapat melihat kapasitas armadanya dengan teliti, jangan sampai melebihi kapasitas muatan, termasuk juga diperhatikan harga atau tarif jangan terlampau tinggi.

“Terpenting diperhatikan adalah keselamatan pengunjung,”cetus Riban

Ditempat yang sama Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Eldy mengatakan, kegiatan peninjauan ke obyek wisata merupakan salah satu bagian dari kegiatan ramp check kesiapan armada, baik di terminal angkutan darat dan sungai, termasuk perahu susur sungai pada obyek wisata.

Pihaknya kata Eldy, jauh-jauh hari sudah meminta kepada seluruh pengelola usaha di obyek wisata untuk mengecek semua sarana dan prasarana, sehingga dapat memastikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung, terutama bagi penumpang perahu susur sungai.

“Kita sudah mengecek akan hal ini, terutama perahu susur sungai harus memiliki alat penyelamatan, lampu penerangan dan alat komunikasi. Tiga hal ini telah dilengkapi, disamping hal penting lainnya,”tandas Eldy.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *