HeadlineKatingan

Dua Pj Kades Dilantik Jelang Pencoblosan

PELANTIKAN : Bupati Katingan Sakariyas saat mengambil sumpah janji dua Pj Kepala Desa Tumbang Kaburai dan Tumbang Dahuei Kecamatan Bukit Raya di pendopo rumah jabatan bupati setempat, Senin (25/6) malam.

KASONGAN,GERAKKALTENG.COM – Bupati Katingan Sakariyas melantik dua orang penjabat (Pj) kepala desa Kecamatan Bukit Raya, Senin (25/6) malam atau dua hari jelang pemungutan suara Pilkada Katingan tahun 2018. Keduanya, yaitu Sulin selaku Pj Kepala Desa Tumbang Kaburai, dan Rawei sebagai Pj Kepala Desa Tumbang Dahuei Kecamatan Bukit Raya.

Dalam pidatonya, Bupati Katingan Sakariyas mengatakan bahwa pengangkatan penjabat kepala desa merupakan tindaklanjut atas berakhirnya periodenisasi Kepala Desa Tumbang Dahuei sebelumnya, yaitu Suhardie dan Kades Tumbang Kaburai terdahulu, Ari Irawan.

“Perlu kita ketahui bersama, bahwa terdapat beberapa faktor yang bisa memberhentikan status jabatan seorang kepala desa. Diantaranya karena meninggal dunia, atas permintaan sendiri, dan atau diberhentikan,” tukasnya.

Dalam kasus kali ini, katanya, lantaran masa jabatan Kades Tumbang Kaburai dan Tumbang Dahuei sebelumnya telah berakhir masa baktinya. Sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan merasa penting untuk segera mengangkat penjabat kepala desa.

“Hal ini untuk menyikapi agar tidak terjadi kekosongan pimpinan di desa bersangkutan. Sehingga pelayanan pemerintah desa kepada masyarakatnya tetap berjalan dan jangan sampai terganggu. Proses pengangkatan penjabat kepala desa ini sudah sesuai aturan undang-undang yang berlaku,” sebut Sakariyas.

Adapun masa jabatan kedua penjabat Kades tersebut, yakni bakal berakhir pada tahun 2019 atau berbarengan dengan prosesi pelantikan kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak sebelumnya.

“Berdasarkan peraturan maka masa jabatan Pj Kades paling lama satu tahun setelah dilantik. Atau berakhir dengan sendirinya setelah kepala desa definitif terlantik. Saya mengucapkan, terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung proses pengangkatan Pj Kades Tumbang Dahuei dan Tumbang Kaburai Kecamatan Bukit Raya,” pungkasnya. (BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *