HEADLINEKatingan

Gubernur Kalteng Akan Bangun Taman Releigius di Kereng Pangi

Pjs Bupati Katingan Suhaemi, Selasa (19/6/2018).

KASONGAN ,GERAKKALTENG.COM– Dalam waktu dekat, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran akan membangun Taman Religius di Kereng Pangi desa Hampalit kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan. Demikian yang dikatakan Pjs Bupati Katingan Suhaemi, Selasa (19/6/2018).

Rencana pembangunan Taman Religius tersebut menurutnya, saat Gubernur berkunjung ke Kereng Pangi, sekaligus melakukan sholat di Masjid Al Muhajirin beberapa waktu lalu. Kemudian, melakukan pantauan di sekitar Masjid tersebut.

Saat melakukan peninjauan itulah, Gubernur menilai bahwa Taman Religius itu tepatnya di sekitar Majid tersebut. Oleh karena di sekitar Masjid tersebut berdiri salah satu bangunan Sekolah Dasar (SD), sehingga harus dipindahkan ke kawasan lain. “Untuk memindahkan sekolah tersebut, kami melakukan rapat bersama Kades dan BPD serta para tokoh masyarakat setempat,” aku Suhaemi.

Berdasarkan hasil rapat tersebut, sekolah tersebut akan dipindah ke kawasan lain, yang jaraknya sekitar 500 meter dari sekolah tersebut.

“Sedangkan lahannya merupakan lahan yang dihibahkan oleh pengurus Masjid Al Muhajirin dengan luasan sekitar 1,8 Ha,” jelasnya, seraya menyebutkan biaya bangunan Taman Religius dan bangunan sekolah tersebut sebagai pengganti bangunan lama akan dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provensi Kalteng atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara  (APBN).

Selanjutnya, meskipun rencana pemindahan sekolah tersebut sudah dibicarakan sekarang, namun realisasinya menurutnya akan dilakukan setelah bangunan pengganti/barunya rampung dan siap untuk ditempati. “Setelah siap dan siswa bisa menempati bangunan baru, kemudian bangunan yang sekolah di sekitar Masjid itu dibongkar dan diganti dengan kawasan hijau atau kawasan taman religius dimaksud,” ujarnya.

Kesimpulannya kawasan tersebut akan dibuat taman seperti taman religius di dekat Masjid Baitul Yaqin, dekat jembatan Sei Katingan Jalan Tjilik Riwut KM 1 kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan. “Sehubungan dengan itulah, saya berharap kepada masyarakat Kereng Pangi desa Hampalit kecamatan Katingan Hlir agar mendukung niat dan rencana pembangunan taman religius ini,”Harapnya.(Tobu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!