Kalimantan Tengah

Jumlah Wisatawan Di Kalteng Meningkat Mencapai 176 Ribu

HIBURAN - Tampak lokasi wisata Bukit Batu, Katingan dipenuhi masyarakat yang menghabiskan libur akhir pekan. Sejak libur Lebaran hingga akhir pekan kemarin, jumlah wisatawan di Kalteng meningkat mencapai ratusan ribu lebih.

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengapresiasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang telah menjalankan program kepariwisataan, dalam rangka menggerakan ekonomi kreatif dan mensejahterakan masyarakat.

Apresiasi itu disampaikan orang nomor satu lantaran peningkatan kunjungan dan antusias masyarakat yang berkunjung ke tempat wisata unggulan di ibukota provinsi maupun kabupaten.

“Salah satu prioritas pemprov mengembangkan sektor pariwisata, bagaimana kedepannya bisa lebih baik. Rencana pelabuhan dan dua bandara bertaraf internasional di Kalteng salah satu untuk menunjang keberadaan pariwisata kita,” ucapnya, (25/6/2018)

Jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke dua destinasi unggulan di Kalteng selama libur Lebaran dari tanggal 15-20 Juni 2018 lalu masing-masing, Pantai Ujung Pandaran, Kotim sebanyak 80 ribu dan Kereng Bangkirai, Sabangau sebanyak 21 ribu pengunjung.

Tidak hanya libur hari besar keagamaan, hari biasa seperti akhir pekan pun, wisatawan membludak. Seperti dua hari lalu, pengunjung sebanyak 723 orang. Kesesokan harinya pada tanggal 24, pengunjung sebanyak 1.276 orang. Untuk dua hari tercatat 1.999 wisatawan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Dr Guntur Talajan SH M.Pd.

“Di Pantai Ujung Pandaran, tercatat 40 ribu karcis. Itu yang beli karcis saja. Belum yang hanya berkunjung. Pasti lebih dari itu. Sementara di Kereng Bangkirai, tercatat sebanyak 14.596 karcis,” ujarnya.

Namun secara keseluruhan, tingkat kunjungan wisatawan di Kalteng selama liburan, mencapai sekitar 176 ribu lebih. Selain dua destinasi itu, Pantai Sungai Bakau juga menjadi tempat kunjungan favorit dengan 12 ribu lebih pengunjung.

“Dari semua tempat, hanya Taman Nasional Tanjung Puting yang dikunjungi oleh wisatawan asing dengan 297 kunjungan dengan wisatawan nusantara 727. Paling sedikit museum, hanya 6 orang,” imbuhnya. (avr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *