Palangka Raya

Lebaran, Toko Emas di Palangka Raya Diserbu Pembeli

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – Sehari sebelum lebaran, masyarakat Kota Palangka Raya memadati sejumlah pasar sentra tradisional, seperti Pasar Besar Palangka Raya.

Pantauan awak Gerakkalteng di lapangan, Kamis (14/6/2018), warga tidak hanya membeli berbagai kebutuhan untuk persiapan perayaan lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah, seperti makanan dan minuman maupun  pakaian untuk berlebaran. Bahkan warga juga terlihat memadati  toko-toko emas untuk membeli perhiasan.

Tidak hanya itu saja, penyedia jasa sapuh emas (pembersih emas) kecipratan rezeki, manakala warga banyak yang memoles agar perhiasannya “Kincrong” saat berlebaran.

Lisma, salah seorang warga Palangka Raya mengatakan, sudah menjadi kebiasaan setiap menjelang lebaran ia  membeli emas, berupa cincin, gelang dan kalung serta anting,  dengan alasan sebagai simpanan. Sedangkan emas yang sudah ada sebelumnya, ia percantik kembali ke jasa penyapuh agar warnanya lebih mengkilat.

“Ya, selain untuk berpenampilan, namun dihitung-hitung sebagai simpanan. Kan ada dapat tunjangan hari raya dari tempat bekerja. Bila ada keperluan mendesak bisa dijual lagi,”tuturnya.

Sementara itu, Siti pemilik tokoh Mas Keluarga mengatakan, tga hari sebelum lebaran banyak warga yang mendatangi tokonya guna mencari beragam bentuk  emas yang diinginkan, bahkan tidak sedikit warga yang datang untuk menjual kembali emas yang dimilikinya.

“Mungkin tanggal muda mas, terlebih harga emas menjelang lebaran naik turun,”tuturnya.

Senada dengan itu, Raudah pemilik toko emas Hafid mengatakan, minat pembeli emas menjelang lebaran sangat tinggi, bahkan bila dipresentasekan mencapai 50 persen tingkat permintaan pembelian emas, jauh dari daya beli warga pada hari biasa.

“Saat ini patokan harga emas bervariasi, dari harga emas 99 yakni sekitar Rp 560 per gram, harga emas 420 Rp 280 dan harga emas Amerika  500 lebih per  gram,”rincinya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *