DPRD Kota Palangka Raya

Legislator ini Dukung Program Padi Organik

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya yang juga merupakan Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Kalteng, Sugianor, mengaku terkesan dan mengapresiasi melihat keberhasian pemerintah kota Palangka Raya dalam program ujicoba tanam padi organik.

Menurutnya, uji coba penanaman padi organik yang diprakarsai oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya, bersama dengan kelompok petani setempat, bisa dikatakan berhasil.Walaupun untuk luasan lahan yang dipergunakan masih relatih kecil, apabila dibandingkan dengan daerah lainnya.

Pun demikian, politisi PKB ini tetap berharap, agar kedepannya dengan adanya program padi organik tersebut bisa membuat kota Palangka Raya memiliki lumbung padinya sendiri, tanpa bergantung pada ketersediaan padi dan beras dari wilayah lain.

“Kita dorong kelompok tani agar mengembangkan pertanian organiknya, karena diyakini akan memiliki nilai jual yang tinggi pula,”ujarnya,Senin (18/6/2018).

Maka itu tambah Sugianor, selain berorientasi bagi pengembangan penanaman padi, disisi lain melalui sistem tersebut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat namun secara umum dapat menjadi sumber pendapatan para petani.

Hanya saja untuk mencapai hal tersebut, maka segala upaya peningkatan produktivitas dan keberhasilan program ini harus didukung, terutama dari pemerintah. Sebab, pertanian organik memerlukan waktu untuk mencapai hasil maksimal karena adanya adaptasi lahan, yang awalnya dikelola secara konvensional dengan pupuk kimia kini menjadi pupuk organik dan penggunaan pembasmi hama.

“Memang perlu adanya sosialisasi dan pendampingan dari instansi terkait kepada poktan yang ingin mengembangkan padi maupun jenis pertanian organik ini,”pungkasnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *