HeadlineKatingan

Logistik Pilkada Lengkap dan Siap Distribusi

DIMUSNAHKAN : Kapolres Katingan AKPB Elieser Dharma Bahagia Ginting didampingi pejabat daerah lainnya saat membakar surat suara yang rusak di halaman kantor KPU Katingan, Selasa (19/6).

KASONGAN,GERAKKALTENG.COM – Logistik berupa surat suara maupun alat kelengkapan lainnya dipastikan lengkap dan siap distribusi ke setiap kecamatan. Pun demikian, aparat keamanan bakal mengawal ketat selama proses pendistribusian tersebut.

Kapolres Katingan AKBP Elieser Dharma Bahagia Ginting mengatakan, proses perpindahan logistik Pilkada Katingan bakal dijaga ketat aparat kepolisian. Pihaknya memastikan logistik sampai ke tempat tujuan dengan aman.

“Pengawalan dilaksanakan mulai dari KPU Katingan hingga ke setiap kecamatan. Pendistribusian dibagi menjadi lima zona, zona pertama dilaksanakan mulai tanggal 23 Juni yakni menyasar Kecamatan Bukit Raya, Katingan Hulu, dan Marikit,” ungkapnya usai melakukan pengecekan kesiapan logistik Pilkada di KPU Katingan, Selasa (19/6).

Menurutnya, ketiga kecamatan tersebut menjadi prioritas lantaran jarak tempuh yang cukup jauh dan melalui jalur sungai. Mengantisipasi terjadinya kerusakan logistik, baik yang diakibatkan karena terciprat air maupun hanyut selama perjalanan pihak penyelenggara telah mengamankan logistik dengan pengamanan khusus.

“Semua surat suara sudah dibungkus plastik, lalu dari luar kotak tempat pemungutan suaranya juga sudah dibungkus plastik. Sehingga dipastikan aman walaupun diguyur hujan atau terjatuh ke sungai, hal ini merupakan bentuk kesiapan yang maksimal dari pihak penyelenggara,” ujarnya.

Pendistribusian logistik ke 13 kecamatan tersebut, katanya, bakal melibatkan sedikitnya 17 anggota kepolisian dan dibantu instansi terkait lainnya. Pihaknya menjamin, bahwa kotak suara akan tetap tersegel hingga hari pencoblosan nanti.

“Kami telah berkoordinasi dengan pengusaha jasa angkutan sungai, agar perahu yang akan membawa logistik Pilkada Katingan nanti kondisinya siap 100 persen. Artinya baik itu mesin, bodi perahu, dan lain-lain dalam kondisi layak jalan. Sehingga potensi kecelakaan dapat diminimalisir,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, jajaran KPU Katingan melaksanakan pemusnahan surat suara rusak sebanyak 1.895 lembar. Kerusakan yang terjadi diantaranya akibat gambar pasangan calon yang tidak tercetak sempurna, kabur, tercemar tinta, dan lain sebagainya.

“Pemusnahan surat suara yang dianggap rusak ini sebagai langkah antisipatif agar tidak dimanfaatkan orang-orang tidak bertanggungjawab. Pemusnahan juga disaksikan dan melibatkan Pjs Bupati, Kapolres, Ketua Panwaslu, dan instansi terkait lain. Intinya semua surat suara yang akan dipakai saat pencoblosan nanti dalam kondisi sempurna,” pungkasnya. (Tri Okta)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *