Palangka Raya

Obyek Wisata di Palangka Raya Dipadati Pengunjung

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Sejak hari kedua  perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah, bahkan hingga  pasca dua hari pelaksanaan lebaran, banyak warga  Palangka Raya yang lebih  memilih mengunjungi obyek wisata bersama keluarga. Sejumlah obyek wisata yang ada di Palangka Raya pun dipadati warga. Seperti obyek wisata Bukit Tangkiling, Sei Gohong, Danau Tahai di Kecamatan Bukit Batu.

Hal serupa juga terlihat pada objek wisata “Air Hitam” Kelurahan Kereng Kecamatan Sebangau Kota Palangka Raya. Dari pantauan dilokasi wisata tersebut, Minggu (17/6/2018), sejak pukul 09.00 WIB pengunjung yang berasal dari Kota Palangka Raya hingga dari luar daerah, tampak memadati kawasan obyek wisata air hitam.

“Kalau disini cuma bayar parkir Rp 5 ribu untuk kendaraan roda empat dan Rp2 ribu untuk kendaraan roda dua. Sedangkan untuk masuk lokasi wisata air hitam tidak dikenai biaya,”kata Sukam, salah seorang pengunjung obyek wisata air hitam.

Menurut Sukam, pada kawasan wisata air hitam pengunjung  hanya  akan merogoh biaya  untuk memanfaatkan sarana dan fasilitas wisata, seperti  untuk tiket perahu  susur sungai, kelotok, maupun perahu hias dengan harga tiket bervariasi.

“Namun harga per orang maupun per jam terjangkau,”ucapnya tanpa merincikan  harga tiket yang dimaksud.

Sementara itu, Guntur Talajan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng yang ditemui  sedang memantau aktivitas kunjungan dilokasi wisata air hitam mengatakan, sejak hari kedua lebaran Idul Fitri, masyarakat baik yang datang dari dalam maupun luar Kota Palangka Raya telah memadati sejumlah obyek wisata di Palangka Raya.

“Pada  Sabtu 16 Juni yang lalu tercatat berkisar 4 ribu pengunjung memadati wisata air hitam, silih berganti sejak pagi hingga sore hari. Ini berdasarkan data kelompok Sadar Wisata Sebangau,”sebutnya.

Sarana dan prasarana  yang menjadi wahana wisata air hitam pun kata Guntur, laris manis dimanfaatkan pengunjung  (pariwisatawan). Seperti tiket klotok hias pada hari kedua lebaran terjual 1.800 lembar.

“Selain obyek wisata Sebangau (Air Hitam), obyek wisata di Palangka Raya lainnya juga dipadati warga. Kondisi serupa juga terjadi pada obyek wisata di kabupetn lain di Kalteng,”tuturnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *