Barito TimurDPRD Barito Timur

Pacu Populasi Sapi, Pemerintah Lakukan UPSUS SIWAB

Tamiang Layang,GERAKKALTENG.COM-Pemerintah daerah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Pertanian terus berupaya melakukan percepatan peningkatan populasi sapi dan kerbau di tahun ini melakukan program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting atau yang dikenal dengan  UPSUS SIWAB.
Kepala Dinas Pertanian, Riza Rahmadi mengatakan dengan UPSUS SIWAB, sapi dan kerbau betina produktif milik peternak yang sudah memasuki masa perkawinan harus segera dikawinkan, utamanya melalui sistem perkawinan inseminasi buatan (IB).
“yang sudah berjalan ini baru hewan ternak sapi, dan akan menyusul hewan ternak kerbau dengan target total 350 ekor,” jelansya
Menurutnya, inseminasi buatan merupakan salah satu upaya penerapan teknologi tepat guna yang menjadi pilihan utama untuk peningkatan populasi dan mutu genetik sapi.
”Melalui kegiatan IB, penyebaran bibit unggul ternak sapi dapat dilakukan dengan murah, mudah, dan cepat, serta diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para peternak,” ujar Riza kepada BorneoNews, Senin (4/6/2016) Di Tamiang Layang.
Dikatakan, peternak sebagai tulang punggung peternakan nasional sudah semestinya sejahtera, sebab itu pemerintah setempat melakukan program UPSUS SIWAB tahun ini agar percepatan pencapaian target kelahiran sapi dan kerbau secara massif dan serentak.(Vri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *