DPRD Kota Palangka Raya

Perahu Wisata Harus Lengkapi Alat Keselamatan

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Penggunaan alat transportasi sungai masih cukup banyak diminati oleh masyarakat kota Palangka Raya. Mulai dari penggunaan alat transportasi sungai itu untuk keperluan berdagang, mencari ikan, mengantarkan penumpang, dan hingga keperluan pariwisata terutama menjelang libur lebaran yang menjadi primadona masyarakat seperti wisata susur sungai.

Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Abdul Hayie mengingatkan agar pengelola jasa transportasi sungai untuk membenahi segala kelengkapan keselamatan bagi penumpang dan memperhatikan kelayakan armada transportasi wisatanya.

“Kenyamanan dan keamanan penumpang harus diutamakan, para pengelola harusnya tidak hanya memikirkan untuk bisa mendapatkan keuntungan saja. Tapi sisi keselamatan harus turut diperhatikan, sesuai standar SOP dan aturan yang berlaku,” tuturnya Rabu (13/6/2018).
.
Lebih lanjut, politisi dari fraksi PPP ini mengimbau dinas terkait, dalam hal ini Dinas Perhubungan setempat untuk terus mengawasi dan mengajak para pengelola transportasi sungai untuk menyediakan fasilitas keselamatannya.

“Sesuai tupoksi dari Dishub untuk mengeluarkan perizinan penggunaan kapal dan pengecekan kelayakan sebagai sarana transportasi, tentu saja mereka memiliki wewenang untuk menegur para pemilik dan pengelola kapal apabila tidak melengkapi kapalnya dengan peralatan keselamatan. Dinas terkait harus terus mendorong para pengelola usaha untuk mengutamakan dan memperhatikan keselamatan pengemudi dan penumpang kapal,” tukasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Eldy selepas melaksanakan kegiatan peninjauan ke obyek wisata Kereng Bangkirai awal pekan ini, mengatakan jika kegiatan peninjauan itu merupakan salah satu bagian dari kegiatan ramp check kesiapan armada, baik di terminal angkutan darat dan sungai, termasuk perahu susur sungai pada obyek wisata.

Pihaknya kata Eldy,  jauh-jauh hari sudah  meminta kepada seluruh pengelola usaha di obyek wisata untuk mengecek semua sarana dan prasarana, sehingga dapat memastikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung, terutama bagi penumpang perahu susur sungai.

“Kita sudah mengecek akan hal ini, terutama perahu susur sungai harus memiliki alat penyelamatan, lampu penerangan dan alat komunikasi. Tiga hal ini telah dilengkapi, disamping hal penting lainnya,” tandas Eldy.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *