Palangka Raya

PUPR Genjot Penyelesaian Tiga Titik Dranase

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG,COM -Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui suku Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) , terus  fokus menyelesaikan  pembangunan drainase disaluran primer  pada tiga titik utama, yakni di Jalan Hiu Putih, Jalan Umpu Kakah dan Jalan Yos Sudarso.

Menurut Plt  Kepala Dinas PUPR Kota Palangka Raya, Albert Toembak, proyek tiga drainase tersebut secara umum menghubungkan saluran kekawasan  lingkar luar di Jalan Mahair Mahar hingga menunju sungai Sebangau.

“Tiga proyek drainase ini secara reguler mendapat bantuan alokasi anggaran normalisasi saluran primer dari kementrian pekerjaan umum. Namun dalam pengerjaan konstruksi  awal dilakukan melalui dana swakelola pemerintah kota,”ungkapnya, Jum’at (29/6/2018).

Dilanjutkan Albert, untuk tahun  2018 ini drainase saluran primer di Jalan Hiu Putih telah selesai dikerjakan berdasarkan alokasi anggaran ditahun yang lalu.  Saat ini pengelolaan danv perawatan drainase tersebut  telah diserahkan pihak kementrian pekerjaan umum kepada pemerintah kota Palangka Raya.

Sementara itu untuk dua drainase lainnya, yakni Jalan Umpu Kakah dan Jalan Yos Sudarso sedang dilakukan studi kelayakan, antara lain seberapa panjang maupun lebarnya drainase yang direncanakan dibangun.

“Setelah itu selesai, maka dilanjutkan dengan konstruksi awal  pelebaran maupun memperdalam saluran. Tahun ini harus sudah disampaikan pengajuan anggarannya, kemungkinan 2019 baru dua drainase itu fokus dikerjakan,”beber  Albert.

Dikatakan, dibangunnya tiga titik drainase saluran primer tersebut, dengan tujuan utama  adalah mengatasi bencana banjir yang selalu datang pada musim hujan.

“Ini bagian dari proyek normalisasi saluran drainase primer untuk menanggulangi banjir,”tutur Alber lagi.

Ditambahkan, selain fokus menyelesaikan  pembangunan drainase disaluran primer, pemerintah kota Palangka Raya melalui Dinas PUPR  juga sedang mengerjakan proyek pemiliharaan infrastruktu jalan dalam kota.Terutama dibeberapa titik  jalan yang rusak parah sesuai dengan perencanaan anggaran di tahun ini.

Titik jalan tersebut antara lain, Jalan karangan, Jalan Badak dan jalan Sisingamangaraja.

“Saat ini proyek pengerjaan ditiga titik jalan tersebut  secara bersamaan dikerjakan  sesuai masa kalender. Hingga kini progres pengerjaan sudah rata-rata mencapai 40 persen,”tutupnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *