Kotawaringin Timur

SDN 2 Baamang Tengah Gelar MPLS

KOTIM – Mengawali tahun ajaran baru 2023/2024, para siswa SD Negeri 2 Baamang Tengah, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mengikuti kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

“Kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) ini bagi siswa kelas I adalah masa transisi dari PAUD/TK ke jenjang SD,” kata Kepala SD Negeri 2 Baamang Tengah Satya Widayati, S.Pd., M.M, Selasa (11/07/2023).

“MPLS bagi siswa kelas I dilaksanakan selama dua minggu dari tanggal 10 hingga 22 Juli dan bagi siswa kelas II hingga kelas VI MPLS dilaksanakan selama satu minggu, dari tanggal 10 hingga 15 Juli,” jelasnya.

“Kegiatan ini sudah disusun oleh Tim MPLS sekolah kami, pelaksanaannya melibatkan semua guru masing-masing kelas,” ujarnya.

Satya mengatakan, para guru akan membuat kegiatan dimana kegiatan itu sekaligus dapat mendiagnosa siswa peserta didik di kelas yang baru.

“Supaya guru tau sejauh mana kemampuan dari peserta didiknya untuk siap belajar di kelas yang baru, diagnosis yang dilakukan oleh guru sudah disusun baik itu pernyataan-pernyataan maupun instrumen untuk mendiagnosa masing-masing peserta didik,” tambahnya.

Bagi siswa kelas II hingga kelas VI selama satu minggu ini adalah waktu untuk mengukur, melihat dan memetakan sejauh mana kemampuan dari literasi dan numerasi para peserta didik.

“Kemudian nanti akan ada tindak lanjut dari masing-masing guru untuk melakukan hal yang terbaik di kelasnya,” ucapnya.

Lebih lanjut Satya menjelaskan bahwa masa pengenalan lingkungan sekolah ini sangat penting sekali untuk dilaksanakan karena memberi ruang bagi guru dan siswa.

“Guru jadi lebih dulu tau kemampuan awal siswa seperti apa, jadi ketika nanti masuk belajar guru sudah memahami kelebihan dan kelemahan dari siswa tersebut,” ujarnya.

SD Negeri 2 Baamang Tengah pada tahun ajaran ini menerima sebanyak 23 siswa kelas I.

“Untuk kelas I selama MPLS ini tidak diperkenankan membawa alat tulis, pihak sekolah hanya mengenalkan pada siswa siapa saja yang berada di sekolah ini, seperti kepala sekolah maupun para guru,” pungkas Satya.

Sementara itu, Titi Kasmiwati, S.Pd guru kelas I menjelaskan selama satu minggu kedepan ia akan membimbing para siswa untuk berinteraksi dengan teman-temannya.

“Siswa saling memperkenalkan diri kepada teman-temannya, dengan menyebutkan namanya masing-masing, agar mereka dapat saling berinteraksi satu sama lain,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Noorhayati, S.Pd guru kelas IV mengatakan pihaknya di masa pengenalan lingkungan sekolah ini membiasakan para siswa agar bisa kompak dan ceria sebelum memasuki masa pembelajaran.

“Kegiatan diluar ruangan dilakukan pukul 07.00 WIB hingga 08.30 WIB, setelah itu istirahat lalu MPLSnya dilanjutkan di dalam kelas,” ujarnya.(tbk)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!