DPRD Kota Palangka Raya

Dewan Ingatkan Pentingnya Pemutakhiran Data Pajak

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Dalam rangka mengoptimalkan penerimaan atau pendapatan daerah dari sektor pajak, pemerintah kota harusnya memiliki data wajib pajak yang akurat. Artinya pendataan secara berkelanjutan dan pemutahiran data, sangat diperlukan. Mungkin saja ada data wajib pajak potensial tapi belum terdata.

“Pendataan dan pemutahiran data itu merupakan langkah awal yang harus dilakukan instansi terkait dalam hal penerimaan pajak, dan ini harus dilakukan secara terus menerus sehingga didapat data yang akurat,” ungkap Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Anna Agustina Elsye,Senin (9/7/2018).

Lebih lanjut dikatakan, dalam hal memungut pajak perlu langkah dan strategi yang jitu. Memang diakui selama ini sudah cukup baik upaya yang dilakukan dinas terkait dalam hal mengintensifkan penerimaan pajak, namun demikian pihak dinas pendapatan diharapkan terus meningkatkan sosialisasi secara berkelanjutan kepada wajib pajak.

Legislator dari fraksi Gerindra ini juga menambahkan, diharapkan sosialisasi tentang pajak ini terus dilakukan terus menerus, jangan berhenti dan puas dengan pendapatan yang ada. Dewan berharap ada kreatifitas dan inovasi dinas terkait untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) terutama dari sektor pajak daerah.
Peningkatan pelayanan bisa dilakukan dengan pendekatan kepada masyarakat, atau jemput bola kepada wajib pajak, sehingga wajib pajak sadar akan kewajibannya membayar pajak untuk pembangunan.

Terlebih lagi, didalam rekomendasi DPRD terkait LHP BPK tentang laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) Walikota tahun anggaran 2017, perlu ditingkatkan penerimaan asli daerah (PAD) dari sektor pajak.

“Mengingat saat ini Kota Palangka Raya pun memiliki banyak potensi-potensi penerimaan pajak yang masih belum tergali secara maksimal, jadi perlu inovasi-inovasi baru setiap waktu agar target penerimaan daerah dari sektor pajak tercapai,” harapnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *