DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

DPRD Kota Bukit Tinggi Pelajari Kepariwisataan di Palangka Raya

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM
Sejumlah anggota DPRD Kota Bukit Tinggi, Provinsi Sumatra Barat pada hari Rabu (4/7/2018), yang lalu, melakukan kunjungan kerja (kunke) Ke DPRD Kota Palangka Raya .

Kunker dilakukan adalah dalam dalam rangka upaya pengembangan pariwisata daerah.
Kedatangan rombongan, diterima Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hj Mukarramah dan sejumlah anggota dewan lainnya.Turut menghadiri sejumlah perwakilan OPD terkait di lingkup pemerintah kota Palangka Raya.

Wakil Ketua DPRD Kota Bukit Tinggi, H. Tresmon selaku pimpinan rombongan mengatakan, perlunya pihaknya mempelalajari mengenai pengembangan pariwisata daerah, karena menurutnya di Bukit Tinggi sendiri mengalami kendala. Antara lain kecilnya wilayah kota sehingga menyulitkan dalam tata kelola bangunan serta banyaknya situs-situs cagar budaya peninggalan masa kemerdekaan yang berada ditengah kota sehingga sulit melakukan relokasi dan revitalisasi wilayah.

“Meskipun Kota Bukit Tinggi lebih tua dari kota Palangka Raya, namun kendalanya sangat banyak untuk pengembangan kepariwisataan. Kami fokus untuk studi banding mengenai tata ruang serta strategi pembangunan pariwisata,”tuturnya.

Sementara itu Ketua Komisi III DPRD Bukit Tinggi, Rusdy Nurmah menambahkan, Kota Bukit Tinggi sedikit tertinggal dengan Palangka Raya, dimana pihaknya saat ini baru saja menelaah mengenai regulasi serta pondasi aturan sebagai landasan dalam membina pariwisata. Sedangkan Palangka Raya sendiri telah memiliki aturan yang jelas, tepat kiranya pihaknya studi banding di sini.
Untuk bersaing dengan daerah lain.

“Kami harus mempunyai alokasi khusus untuk relokasi dan revitalisasi serta mengikuti perkembangan jaman. Tentu perlu regulasi yang jelas mengatur semuanya. Itu salah satu yang akan kami sharing disini,”ungkap Rusdy.

Adapaun dalam kesempatan itu Sekretaris Dinas Pariwisata kota, Andriani, saat memaparkan mengenai kondisi pariwisata di kota Cantik Palkangka Raya mengungkapkan, bahwa pihaknya telah berkoordinasi bersama pihak pemerintah provinsi dan juga BKSDA untuk serius mengembangkan sektor pariwisata, dengan berfokus pada pengembangan wisata religi, budaya, dan cagar alam.

“Palangka Raya pada 2018 ini berfokus pada pengembangan wisata Sei Batu di Tangkiling, kawasan Flamboyan, dan kawasan wisata Sebangau,”terangnya.

Dalam bagian yang sama Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Hj Mukarramah sangat mengapresiasi pihak DPRD Kota Bukit Tinggi yang telah memilih kota Palangka Raya sebagai destinasi studi banding, terutama dalam pengembangan sektor pariwisata.

“Kehormatan kita untuk bisa saling berbagi ilmu. Semoga kita bisa mengambil banyak pelajaran dan hal positif mengenai pengembangan pariwisata dari daerah masing-masing,”tutupnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *