Gunung Mas

Kampung Siaga Siap Tanggulangi Bencana

KUALA KURUN, Gerakkalteng.Com – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Sosial Kabupaten Gunung Mas bersama dengan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana dalam rangka pengukuhan Kampung Siaga Bencana (KSB) “HAPAKAT” Kecamatan Tewah yang di laksanakan di halaman Kantor Camat Tewah pada Kamis pagi (26/7/2018).

Kegiatan tersebut diawali dengan Apel Siaga Bersama yang dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangungan Ir. Yohanes Tuah, M.Si dalam hal ini mewakili Bupati Gunung Mas yang pesertanya terdiri dari para Tagana (Taruna Tanggap Bencana) Provinsi Kalteng dan Kabupaten Gunung Mas bersama dengan Relawan KSB “HAPAKAT” Kecamatan Tewah, para Pelajar dan Instansi terkait, yang dilanjutkan dengan penyerahan Bahan Pemberian Logistik Bencana (Bufferstock) yang merupakan bentuk dukungan dari Kemeterian Sosial RI melalui Dinas Sosial Provinsi Kalteng yang diserahkan oleh Asisten Perekonomian Pembangunan, Ir. Yohanes Tuah, M.Si kepada Relawan Anggota KSB “HAPAKAT” dilakukan secara simbolis.

Asisten Perekonomian dan Pembangungan Ir. Yohanes Tuah, M.Si mengatakan tujuan dibentuknya Kampung Siaga Bencana adalah mewujudkan pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan bencana diperlukan basis yang kuat dari warga masyarakat itu sendiri agar penanggulangan bencana tidak hanya menjadi kebutuhan sampingan, tetapi melembaga sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat.

Maka keberadaannya perlu mendapat pengukuhan dan penetapan yuridis formal dalam sistem penanggulangan bencana nasional agar dapat disetarakan dengan unsur-unsur penanggulangan bencana formal lainnya untuk menumbuhkan semangat relawan dan rasa tanggung jawab sosial.

Kampung Siaga Bencana pada hakekatnya adalah relawan yang direkrut dan dilatih dari masyarakat yang menjunjung nilai-nilai ketulusan dan keikhlasan bagi kemanusiaan serta bukan keterpaksaan, artinya berbuat untuk sesama secara rela tapi dilaksanakan dengan suka cita tanpa berpamrih apapun, terangnya.

Dipenghujung kegiatan tersebut para Relawan KSB “HAPAKAT” bersama Unit Recue Dinas Sosial  Provinsi Kalteng dan Dinas Sosial Kabupaten Gumas dibantu Instansi terkait bersama-sama melakukan unjuk kebolehan dalam Simulasi Penanggulangan Bencana, sandainya terjadi bencana alam melanda yang sukses dilakukan dengan sangat baik dan terlatih.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah utusan dari Kemeterian Sosial RI, para Pimpinan OPD terkait, Lurah Tewah, TNI, Polri, pelajar serta Tokoh Masyarakat. (Wan/Hermus S Gaman)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!