HEADLINEKatingan

Katingan Hilir Raih Juara Umum Festival Budaya PHS

KASONGAN,GERAKKALTENG.COM – Festival Budaya Penyang Hinje Simpei (PHS) Se Kabupaten Katingan resmi ditutup oleh Bupati Katingan, Sakariyas, yang diwakilkan Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan, Nikodemus dilapangan Sport center jalan Ahmad Yani, Komplek Kereng Humbang Kasongan, Sabtu (21/8/2018) sore.

Festival budaya PHS yang diikuti 12 wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan ini, Kecamatan Katingan Hilir raih prestasi sebagai juara umum. Penyerahan piala juara umum diserahkan oleh Sekda Katingan Nikodemus kepada Camat Katingan Hilir, Ardiansyah.

Sehingga, peserta yang telah mendapatkan juara pertama ajang ini nantinya akan diikutsertakan dalam festival budaya Isen Mulang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2019, apabila memenuhi kriteria dan nilai yang disyaratkan oleh panitia provinsi.

” Saya berharap, melalui kegiatan festival budaya PHS ini menjadi wahana dalam rangka mengoptimalkan pembinaan dan pengembangan yang bermanfaat bagi pelestarian kebudayaan masyarakat dayak, khususnya Kabupaten Katingan dan Provinsi Kalimantan Tengah secara umumnya,” terang Sekda Nikodemus saat menyampaikan sambutan Bupati Katingan, Sakariyas.

Lanjutnya menyampaikan, bahwa pemerintah daerah mengucapkan kepada panitia fesitval budaya PHS yang telah berupaya maksimal dalam mengatur, mengelola, serta melaksanakan seluruh kegiatan perlombaan sampai selesai, dan khususnya ucapan terimakasih saya sampaikan kepada pihak keamanan baik dari personil Polres Katingan, Personil Perwira penghubung serta satuan polisi pamong Praja katingan serta berbagai pihak yang telah bekerja kerang mendukung kegiatan ini.

” Dan saya ucapkan selamat jalan, selamat berkumpul dengan keluarga, sampaikan salam dan doa saya serta selamat bertemu kembali pada kegiatan festival budaya PHS tahun 2019 mendatang,” singkatnya.

Perlu diketahui, bahwa lomba karungut Putri, sebagai juara pertama dari kecamatan Marikit, juara dua dari Petak Malai dan tiga Katingan Hilir.

Lomba Karungut Putra, yakni juara pertama dari Kecamatan Sanaman Mantikei, juara dua dari Marikit dan tiga Kecamatan Mendawai.

Menyipet Putra, yakni raih juara pertama dari kecamatan Katingan Hilir, juara dua dari Pulau Malan dan tiga kecamatan Marikit. Manyipet Putri, yakni juara pertama dari kecamatan Katingan Hilir, juara dua dari Pulau Malan dan tiga kecamatan Marikit.

Lomba Balogo Putra yakni, juara pertama dari kecamatan Marikit, juara dua Katingan Hulu dan tiga dari Katingan Tengah.

Lagu daerah Putra, yakni juara pertama kecamatan Mendawai, juara dua Katingan hilir dan juara tiga Pulau Malan. Lagu daerah Putri, yakni juara pertama kecamatan Mendawai, juara dua Bukit Raya dan tiga dari Katingan Hilir.

Kemudian, untuk lomba Besei Kambe Putri, juara pertama dari kecamatan Pulau Malan, kedua dari Katingan Tengah dan tiga Katingan Hilir. Lomba Besei Kambe Putra, juara pertama dari kecamatan Pulau Malan, kedua Marikit dan tiga Kamipang.

Lalu, lomba Lawang Skepeng Putra, juara pertama dari Kecamatan Kamipang, juara dua Kecamatan Pulau Malan dan tiga Mendawai. Dan untuk Skepeng Putri, juara pertama dari kecamatan Sanaman Mantikei, juara dua Pulau Malan dan tiga Kamipang. Dan terakhir lomba Tari Daerah juara pertama Kecamatan Pulau Malan, juara dua Katingan Hilir dan tiga Mendawai.
(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!