Palangka Raya

USAID dan KPH Siap Kelola Hutan Lingkungan

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Dalam menjaga kelestarian hutan di Kalteng, sangat diperlukannya dukungan semua kalangan, seperti yang dilakukan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) melalui progra USAID Lestari bersama dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), melaksanakan program kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalteng.

Wakil Direktur Kantor Lingkungan (USAID) Indonesia, melalui koordinator USAID Lestari Kalteng, Rosendra Candra lestari, mengatakan, KPH menjadi satu unit managemen atau salah satu solusi pengentasan permasalahan di sektor kehutanan, dimana merekalah berada diwilah tersebut secara langsung.

“Kita berharap KPH tidak meremehkan unit usaha bersama ataupun kelompok tani, karena di sana ada banyak entititas yang bisa dipacu. Kita juga akan membangun kolaborasi yang konkrit untuk membantu rencana jangka panjang terutama membentuk zonasi yang tepat dengan memilah mana saja yang bisa untuk bisnis dan mana yang harus dikunci untuk kelestariannya,” ucapnya saat diwawancara usai kegiatan Loka Karya, Kamis sore (4/7/2010), di Hotel Luwansa Palangka Raya.

Rosendra  juga menjelaskan, sampai saat ini USAID Lestari, telah mengusulkan 11 KPH yang akan masuk pada 33 managemen. Dimana tugas 33 managemen tersebut nantinya adalah bekerja untuk memadukan bentuk perhutanan sosial, dengan catatan, hanya menjembatani KPH dan bentuk penanganan sosial.

Bahkan juga kedepan,USAID Lestari, akan membantu KPH bagaimana membangun pola kontrol terhadap pengawalan kawasan KPH, dengan memberikan manajemen pengawasan.

Adapun tambah Rosendra, acara lokakarya yang digelar dengan mengangkat judul “peluang dan tantangan kesatuna pengelolaan hutan di Kalteng” tersebut, dihadiri sejumlah organisasi lingkungan, 18 UPT dibidang kehutanan dan 33 unit KPH yang ada di Kalteng.

“Kegiatan ini dimaksudkan, agar seluruh KPH bisa berdiskusi  bagaimana mereka menghadapi masalah-masalah. Melihat dan sekaligus melakukan pendekatan yang baik, sehingga  KPH mampu menjalankan pendekatan untuk menjaga kelestarian hutan,”pungkasnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *