DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Anggota Dewan Kembali Ingatkan Pemkab Realisasikan Hasil Reses 

SAMPIT, Gerakkalteng.com- Ketua Fraksi Partai Demokrat H.Dani Rakhman mengatakan, aspirasi masyarakat yang disalurkan kepada anggota dewan nantinya akan diserahkan dan direalisasikan ke pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur.

Menurutnya, sudah semestinya Pemda Kotim menindaklanjuti poin-poin yang menjadi hasil reses anggota dewan sebagai rujukan kepentingan masyarakat yang bersifat kebutuhan serius dan mendesak.

“Dari hasil reses masing-masing dapil mengemukakan permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat, baik di sektor pembangunan fisik maupun non fisik yang meliputi bidang infrastruktur, pendidikan, sosial, ekonomi, kesehatan, dan kesejahteraan rakyat,” Ungkapnya Senin (6/8).

Lanjutnya, “Laporan hasil reses ini mengacu pada tata tertib DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur yang merupakan kompilasi dalam bentuk pokok-pokok pikiran DPRD sebagai bahan musrembang dan sebagai bahan dalam penyusunan RKPD dan KUA dan PPAS tahun anggaran 2019, jadi kepentingan umum yang sifatnya pokok dan serius harus segera ditangani,” Tukasnya.

Dia juga menambahkan hasil reses adalah hasil dan fakta yang disampaikan publik kepada wakil rakyat. Tentunya itu juga harus menjadi perhatian pemerintah daerah.

” Apa yang disampaikan tentunya akan disesuaikan dengan anggaran dan skala prioritas. Perlu diketahui, Reses merupakan komunikasi dua arah antara legislatif dengan konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala dan merupakan kewajiban anggota DPRD untuk bertemu dengan konstituennya secara rutin pada setiap masa reses,” Lanjutnya.

Bahkan dia menilai tujuan reses adalah menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen yang sifatnya pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di setiap Dapil sebagai perwujudan perwakilan mereka.

“Tinggal kita sebagai anggota dewan yang dipercaya oleh masyarakat saja memperhatikan apa yang mereka ssampaikan dan itu juga merupakan tanggungjawab pemerintah daerah ini,” Tutupnya.(So)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *