Nasional

DPR Minta Menteri Muhadjir Ajak Anak Sekolah Nonton Asian Games

Anggota komisi X DPR RI Yayuk Sri Rahayuningsih

Jakarta,GERAKKALTENG.COM – Anggota komisi X DPR RI Yayuk Sri Rahayuningsih menyarankan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy agar menginstruksikan sekolah-sekolah terutama yang berada dekat di sekitar tempat penyelenggeraan Asian Games untuk membawa anak didiknya ke venue-venue pertandingan.

Menurutnya hal tersebut bila dilakukan selama Asian Games berlangsung, sangat bermanfaat bagi anak sekolah. Terutama pada saat jam mata pelajaran olahraga.

“Saya kira disana banyak manfaatnya ya, kalau soal biaya menjadi alasan sih, mestinya ini tidak jadi masalah, pemerintah bisa dong mensponsorinya, ” ujarnya di Komplek Senayan, Jumat (24/8).

Legisator NasDem ini menuturkan, bahwa kehadiran anak-anak sekolah di Asian Games tidak saja sekedar meramaikan venue pertandingan, dan memberikan dukungan kepada atlet-atlet Indonesia. Tetapi disana anak-anak di didik untuk bisa memetik pelajaran tentang betapa penting kegigihan, perjuangan dan sportivitas.

Yayuk mencontohkan tekad besar salah satu atlet bulutangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting yang berjuang sampai di ujung tenaganya yang tersisa.

Anthony sampai di tandu keluar lapangan karena cedera pada otot kakinya. Dia terpaksa harus menyerah dan tidak dapat melanjutkan permainan di saat-saat kedudukan yang menentukan di partai final. Menurut Yayuk meski kalah, Anthony telah mempertontonkan perjuangan buat bangsa.

“Salut dan saya bangga, kalah-menang soal biasa, tapi bagaimana seseorang berjuang dengan gigih dan sportif, inikan pelajaran yang tidak biasa,” tegasnya.

Lebih dari itu sambungnya, membawa anak didik di ajang Asian Games juga bisa jadi bentuk kerja membangun peradaban bangsa. Sebab disana dapat menjadi ruang untuk menumbuhkan kebanggaan dan semangat kebangsaan bagi anak-anak didik. Belum lagi terkadang pelajar nasionalisme di ruang-ruang kelas itu sangat membosankan.

“Saya rasa di ruang-ruang seperti Asian Games ini semangat nasionalisme itu bisa cepat ditumbuhkan,” pungkasnya.(Mcm/Sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *