Kalimantan Tengah

IKUBI Kalteng, UKM Mengusung Konsep Bisnis Komunitas

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – Usaha kecil menengah (UKM) sebagai satu pondasi kuat penopang ekonomi negara saat ini sudah banyak mengalami pertumbuhan, namun tidak sedikit pula yang kondisinya ‘mati suri’. Untuk itu, kehadiran Ikatan UKM Bisnis Indonesia (IKUBI) diharapkan memberi kontribusi konsep usaha yang diusung oleh masing-masing pegiat bisnis maupun komunitas sebagai naungannya.
Ketua IKUBI Kalteng, Ema saat dibincangi di sela persiapan mengikuti bazar di salah satu pusat perbelanjaan di Palangka Raya, Selasa (14/8) mengatakan, pembeda IKUBI dengan komunitas UKM lain adalah konsep bisnis yang diusung.
“IKUBI dalam pengelolaannya mencoba mengusung konsep bisnis komunitas. Ini karena pengelolaan dan pengembangannya bertujuan untuk menyinergikan seluruh potensi yang ada di dalam komunitas tersebut, sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya saing,” kata Ema.
Ada pola-pola kolaborasi di dalamnya, menurut Ema diterapkan untuk memperkuat konsep bisnis komunitas tersebut.
Diakuinya, meskipun secara kelembagaan IKUBI Kalteng belum menyelenggarakan kopi darat (kopdar), istilah yang digunakan untuk pelantikan oleh IKUBI pusat, namun jalannya organisasi sudah bergerak sejak dibentuk beberapa bulan lalu.
“Program kerja yang kami jalankan di awal ini adalah menyosialisasikan organisasi kepada masyarakat, sehingga IKUBI diharapkan bisa menjadi fasilitator antara pemerintah dan para pelaku usaha kecil menengah,” katanya.
Seiring dengan berjalannya waktu, menurut Ema, IKUBI Kalteng sudah mulai dikenal baik oleh pemerintah setempat, pelaku usaha dan masyarakat. Terbukti dalam beberapa kegiatan yang dilakukan dinas terkait.IR

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *