DPRD Kota Palangka Raya

Pemko Diminta Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Idul Adha

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Kalangan wakil rakyat di DPRD Kota Palangka Raya mengharapkan pemerintah setempat untuk bisa mengantisipasi lonjakan kenaikan harga pada saat menjelang ataupun pasca Hari Raya Idul Adha yang akan jatuh pada 22 Agustus mendatang.

Seperti yang disampaikan Wakil Ketua Komisi B DPRD kota Palangka Raya, Sugianor, yang meminta dinas terkait dilingkungan pemerintah kota (pemko) Palangka Raya, untuk terus siaga memantau perkembangan harga bahan pokok di pasar, agar kejadian serupa yang biasanya terjadi pada hari besar keagamaan tidak kembali terjadi pada hari raya Idul Adha kali ini.

“Karena hari raya Idul Adha sebentar lagi, jadi masih bisa terjadi perkembangan harga. Kita himbau pemerintah bisa mengawasi secara langsung di lapangan bagaimana perkembangan harganya, jangan sampai harga melonjak terlalu tinggi,”tutur Sugianor, Kamis (16/8/2018).

Menurutnya, yang kerap memiliki andil besar dalam kenaikan harga dipasaran saat ini adalah faktor cuaca, kenaikan harga bahan bakar dan pakan ternak, serta satu yang menjadi sorotannya ada permainan oknum-oknum tengkulak dipasaran yang secara dengan sengaja menimbun bahan sembako demi mendapat keuntungan pada saat momen hari raya keagamaan.

“Ini yang harus terus kita ingatkan kepada pemerintah untuk sigap memantau pergerakan para tengkulak. Jangan sampai mereka mengatur harga dengan sembarangan demi keuntungan pribadi. Sebab yang akan mendapat imbas terbesar adalah masyarakat menengah kebawah,”bebernya.

Pun demikian, politisi PKB Kota Palangka Raya ini juga mengaku agak pesimistis harga pangan akan bisa tetap normal di pasar, meski pasokan bahan makanan sebetulnya sudah mulai mengisi pasar. Sehingga, menurutnya dengan permintaan pasar yang tinggi menjelang hari raya, harga pangan bisa berfluktuasi jika tak ditangani dengan intervensi harga pemerintah.

“Ketegasan dan komitmen pemerintah dalam mengamankan harga dipasaran sangat diperlukan agar tidak ada masyarakat yang merasa dirugikan,”pungkasnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!