DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Pemko Segera Turun Cek Hewan Kurban

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG Hari Raya Haji Sebentar lagi, banyak sudah pedagang hewan kurban yang menjual ternaknya untuk disebelih sebagi hewan kurban, melihat hal itu DPRD Kota Palangka Raya meminta Pemerintah Kota Palangka Raya, segera menurunkan petugas lapangan untuk melakukan pememeriksaan kondisi kesehatan hewan kurban yang saat ini marak dijual di berbagai sudut kota.

“Penjualan hewan kurban semakin menjamur. Untuk itu, kami meminta kepada Dinas Pertanian untuk memastikan seluruh sapi dan kambing bebas penyakit,” kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor, Kamis (9/8/2018).

Dia juga meminta kepada tim pengawas yang dibentuk dinas memeriksa seluruh kesehatan fisik dan kelayakan hewan kurban. “Pemeriksaan tersebut guna meminimalkan potensi ancaman penyebaran penyakit yang menjangkit hewan kurban seperti antraks dan penyakit menular lainnya dari hewan ke manusia,” katanya.

Mantan Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Palangka Raya ini juga meminta masyarakat pun teliti sebelum membeli hewan ternak sapi atau kambing untuk kurban.

“Diantara yang harus diperhatikan warga saat membeli hewan kurban seperti fisik hewan kurban harus sehat dan bukan anak atau giginya sudah berganti atau sudah dewasa,” tukasnya.

Selain itu, katanya lagi, hewan kurban seperti sapi atau kambing yang dibeli harus dipastikan tidak memiliki luka dan tidak cacat. Biasanya, ketika hewan kurban telah diperiksa oleh tim kesehatan Dinas Pertanian, maka sapi atau kambing itu diberikan peneng atau semacam penanda yang diikatkan di tali dekat telinga hewan.

“Jangan sungkan bertanya kepada penjual untuk memastikan hewan yang akan dibelinya layak kurban. Bila perlu minta didampingi orang yang berpengalaman saat akan mencari kurban,” imbaunya kepada masyarakat.

Di sisi lain, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya memastikan ketersediaan hewan kurban mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Idul Adha 2018.

Dinas Pertanian saat ini mencatat ketersediaan sapi untuk seluruh wilayah Kota Cantik Palangka Raya mencapai 1.500 ekor dan kambing 500 ekor.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *