DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Program OPD Harus Tepat Sasaran

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya Diu Husaini mengingatkan agar setiap perangkat kerja daerah (OPD) dilingkungan kerja pemerintah kota setempat, harus mempunyai program yang jelas dan matang, terutrama searah dengan kepentingan masyarakat.

“Bukan berearti program selama ini tidak jelas atau tidak matang, namun kita mengingatkan lagi untuk kedepannya harus terkonsep berdasarkan kepentingan masyarakat dan juga tidak lepas dari visi misi pemerintah daerah,”ungkap Diu, Kamis (30/8/2018).

Menurut Diu, dengan memiliki konsep program yang jelas dan matang, bukan tidak mungkin manakala sebagaian program ketika OPD ingin menyodorkan ketingkat pusat, baik kekementriana maupun ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bisa diakomodir membantun dengan baik.

“Pemerintah kota melalui OPD harus bisa menterjemahkan, yang mana program-program yang memiliki landasan untuk kepentingan masyarakat dan yang mana landasannya masih lemah,”tambahnya lagi.

Semisalkan, program untuk pengembangan kepariwisataan, selama ini landasan untuk membuat program kuat, yang mana kenyataan dilapangan sejumlah obyek wisata di Kota Palangka Raya memiliki kesempatan untuk berkembang, namun memerlukan kekuatan anggaran dalam mewujudkannya.

Kepariwisataan merupakan sektor yang banyak memiliki potensi, baik menunju pembangunan ekonomi kerakyatan ataupun sumber pemasukan bagi daerah. Pun demikian dalam memprogramkan konsep kerja pembangunan sektor kepariwisataan harus dilakukan dengan tepat pada sasaran.

“Terlepas adanya program yang harus jelas dan matang, maka tak kalah penting adalah pemerintah daerah juga harus membangun sinergitas dengan baik. Sebut saja sinergitas dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat,”cetus Diu.

Harus disadari lanjut politisi partai Hanura ini, kondisi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Palangka Raya, belum dapat dimaksimalkan dalam membantu setiap program pemerintah melalui OPD terkaitnya, sehingga itulah diperlukan terobosan yang tepat sasaran dalam menganalisa program kerja.

“Ya itu tadi setidaknya program yang disusun harus benar-benar mampu menggugah kesamaan persepsi di lingkup pemerintah itu sendiri. Sehingga memunculkan adanya daya dukung untuk mewujudkan dan mensukseskan program tersebut,”tutup Diu.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *