DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Satpol PP Harus Maksimalkan Penegakan Perda

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Upaya Satpol PP dalam menjalankan tupoksinya sebagai salah satu lembaga yang berwenang menegakkan peraturan daerah (Perda) di Kota Palangla Raya mendapat dukungan penuh dari kalangan legislatif di DPRD Kota Palangka Raya, namun dengan beberapa hal yang harus jadi perhatian pihak terkait.

Seperti yang disampaikan anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Jum’atni, yang mengatakan mendukung penuh agar Satpol PP dalam penegakan aturan, asalkan tidak tebang pilih. Seperti melakukan pembongkaran kepada bangunan yang tidak sesuai dengan perda, ataupun penertiban kawasan hijau yang masih disalahgunakan pihak tertentu, tentu harus ditertibkan secara menyeluruh.

“Kalau berbicara aturan harusnya semuanya, jangan terkesan tebang pilih, kita akan terus dukung satpol pp. Namun dalam menertibkan tetap harus sesuai dengan kaidah, norma, serta aturan yang berlaku agar tidak ada pihak yang dirugikan. Dan juga yang pengawasan kembali lokasi yang ditertibkan harus dijalankan secara intens agar kawasan itu tetap terjaga fungsinya,” kata Jum’atni, Kamis (30/8/2018).

Ia mencontohkan penertiban kawasan hijau yang dilarang untuk digunakan sebagai tempat berjualan beberapa waktu lalu. Memang kawasan tersebut sempat bersih dari aktivitas pedagang. Namun beberapa hari kemudian tampak para pedagang kembali berjualan karena merasa tidak diawasi lagi oleh petugas pasca penertiban.

“Ini yang harus diperhatikan juga, tidak hanya penertiban yang digalakkan, namun juga pengawasan pasca penertiban,” kata legislator dari fraksi PAN-Demokrat ini.

Jum’atni mengungkapkan dengan kondisi kota Palangka Raya yang kondusif sangat memungkinkan bagi pemerintah daerah dan masyarakat untuk dapat melakukan kegiatannya dengan tentram, tertib dan teratur. Sehingga, lanjutnya, pelaksanaan pembangunan di daerah ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan pada akhirnya akan berdampak dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Karena itulah ketentraman dan ketertbiban umum merupakan salah satu modal penting dalam pembangunan di daerah. Kita sangat mengharapkan pihak satpol pp bersama seluruh lembaga pemerintahan dan masyarakat kota Palangka Raya bersama-sama mengawal penegakan perda dan mentaati segala aturan yang ada demi pembangunan yang lebih baik,” pungkasnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!