HEADLINEKalimantan TengahKotawaringin Timur

Uji Kompetensi Wartawan, PWI Kotim Siap Jadi Tuan Rumah

RAPAT PENGURUS - Pengurus harian PWI Kalteng saat menggelar rapat

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu perhatian organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng. Untuk itu, dalam waktu dekat PWI Kalteng akan menyelenggarakan uji kompetensi wartawan (UKW) yang rencananya akan digelar di Sampit, PWI Kotim selaku tuan rumah.
“Pada prinsifnya kita siap sebagai penyelenggara, hanya saja soal teknis dan kapan waktunya masih akan kita bicarakan di internal organisasi,” kata ketua PWI Kotim Andri Rizky Agustian saat melakukan konsultasi ke PWI Kalteng, baru-baru ini.
Menurut Andri, UKW kali ini memang sudah direncanakan masuk dalam program kerja PWI Kotim tahun anggaran 2018. Sebab, peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus perhatian organisasi seiring dengan perkembangan teknologi informasi.
Dari sekian banyak anggota, menurut Andri yang beberapa kali membawa PWI Kotim menerima penghargaan ini, selain ada anggota yang baru mengikuti UKW, namun tidak sedikit yang meningkatkan kompetensi baik di tingkat muda, madya dan utama.
Sementara itu, wakil ketua bidang pendidikan PWI Kalteng, Hairil Supriyadi mengatakan, UKW merupakan salah satu upaya peningkatan profesionalitas PWI terhadap anggotanya.
“Uji kompetensi wartawan ini selain untuk meningkatkan kualitas SDM, juga untuk menghindari wartawan abal-abal dan menepis hal-hal yang dikeluhkan masyarakat selama ini dengan keberadaan wartawan,” katanya.
Sertifikasi ini menurut mantan sekretaris PWI Kalteng ini sebagai bukti bahwa wartawan yang bersangkutan andal dan profesional. Hal ini juga membantu masyarakat dan narasumber dalam mencari tahu identitas jurnalis yang sebenarnya.
Dari sekitar 413 lebih anggota PWI Kalteng yang tersebar di seluruh kabupaten/ kota, menurut Hairil sudah 70 persen di antaranya sudah mengikuti UKW. IR

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!