HeadlineKalimantan TengahNasional

Wow, Laporan Keuangan Kanwil Kemenag Kalteng Terbaik Nasional

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – Satu lagi catatan yg ditorehkan Provinsi Kalimantan Tengah di tingkat nasional. Sebuah capaian membanggakan berhasil ditorehkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah. Institusi yang dipimpin oleh H. Masrawan itu menyabet terbaik nasional kategori wilayah sedang untuk penyusunan dan penyajian Laporan Keuangan Kementerian Agama (LKKA) tingkat wilayah.

Atas prestasi itu, Kakanwil H. Masrawan menerima penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam pembukaan Rapat Koordinasi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Kemenag RI tahun 2018 di Jakarta, Selasa (7/8). Kanwil Kalimantan Tengah masuk kategori wilayah sedang karena mempunyai 101 sampai 200 Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA).

“Alhamdulillah Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Tengah sukses menjadi terbaik nasional dalam hal penyusunan dan penyajian Laporan Keuangan Kementerian Agama (LKKA) tingkat wilayah untuk wilayah sedang,” ujar H. Masrawan.

Prestasi itu, sebut H. Masrawan, tidak lepas dari kerja keras operator keuangan dan duta akrual pada Kantor Wilayah dan pada Kantor Kemenag kabupaten. H. Masrawan pun memuji kekompakan tim pengelola keuangan dan BMN.

“Terima kasih untuk kerja keras teman-teman selama ini,” imbuhnya.

Mantan Kepala Kantor Kemenag Kapuas dan Pulang Pisau ini berharap prestasi terbaik nasional bisa dipertahankan. Pria yang juga pernah menjabat sebagai Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Kalteng ini mengingatkan tantangan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan yang akuntabel dan sesuai aturan.

“Tentu menjadi tugas kita semua untuk mempertahankan prestasi ini agar ke depannya penyusunan dan penyajian laporan keuangan kita semakin baik,” tegas H. Masrawan.

Sementara Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan, pemberian penghargaan itu bisa memotivasi seluruh satuan kerja untuk meningkatkan tata kelola keuangannya agar semakin baik. Kemudian, opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang berhasil diraih Kementerian Agama juga harus dipertahankan.

“Penghargaan tersebut menjadi upaya kita semua untuk memotivasi diri kita masing-masing untuk meningkatkan kinerja, menjaga laporan keuangan kita agar sesuai dengan acuan yang ada. Akuntabilitas anggaran Kementerian Agama harus ditingkatkan dari waktu ke waktu agar opini WTP tetap dipertahankan,” pesan Menag.

Kepala Biro Keuangan dan BMN Setjen Kemenag Ali Irfan mengaku penentuan juara tidak hanya didasarkan pada pertimbangan internal Biro Keuangan dan BMN, akan tetapi juga didasarkan pada pertimbangan dari Kementerian Keuangan.

Berikut daftar penerima penghargaan pada Rakor KPA tahun 2018; penghargaan penyusunan dan penyajian Laporan Keuangan Kementerian Agama (LKKA) terbaik tingkat eselon I Pusat Sekretariat Jenderal Kementerian Agama, LKKA terbaik tingkat wilayah kategori wilayah besar (lebih dari 201 UAKPA) adalah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Kemudian tingkat wilayah kategori sedang (101 s.d. 200 UAKPA) adalah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, dan kategori wilayah Wilayah kecil adalah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali.

Dalam hal pengelolaan Barang Milik Negara (BMN), terbaik I tingkat wilayah adalah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, disusul Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan sebagai terbaik II, dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi D.I. Yogyakarta sebagai terbaik III. Terdapat pula penghargaan bagi pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum, pnghargaan duta BMN, serta penghargaan duta akrual.IR

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *