DPRD Kota Palangka Raya

APBD Rendah, Program Harus Sesuai Peruntukannya

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM Masih belum maksimalnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kota Palangka Raya rendah, membuat anggaran yang ada harus sesuai peruntukan dan penggunaannya serta tepat sasaran.

Juru tim anggaran DPRD Kota Palangka Raya pada saat sidang paripurna dengan agenda laporan tim pelapor pembahasan perubahan APBD Kota Palangka Raya tahun anggaran 2018, yang berisikan pendapat akhir fraksi-fraksi pendukung DPRD dan hasil pembahasan, Beta Syailendra, mengungkapkan dengan minimnya APBD sekarang ini benar-benar harus diprioritaskan pada program yang lebih strategis untuk dilaksanakan jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya.

“Kita mengharapkan kegiatan dan program yang memerlukan anggaran agar dipilah mana yang lebih prioritas, yang nyata dan bersifat mendesak dilaksanakan. Jangan program kegiatan yang masih belum perlu dan tidak dibutuhkan dalam waktu segera, yang jelas harus program yang menyentuh kepada masyarakat langsung,” ungkap Beta, Kamis (6/9/2018).

Dikatakannya, ada banyak program strategis yang direncanakan. Namun harus melihat dari kebutuhan dan anggarannya, apakah sesuai atau tidak. Kalau dirasakan belum mendesak, maka ada baiknya ditunda dulu.

Salah satunya adalah rencana Pemko untuk secara bertahap melakukan pemindahan kantor pemerintahan kota setempat, yang berada di kawasan sekitar Jalan Sukarno, sebenarnya hal tersebut tidak terlalu mendesak dan diperlukan sekarang ini, sehingga anggaran tersebut baiknya dialokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak, misalkan saja perbaikan jalan rusak dan perlu penanganan segara.

Mengingat perbaikan jalan juga bersentuhan langsung dengan masyarakat, karena akses jalan merupakan kebutuhan jalur transportasi yang berdampak pada kehidupan ekonomi dan keselamatan masyarakat pengguna jalan, ketika jalan tersebut rusak.

“Harapan kami selaku anggota dewan, agar pemanfaatan dan pengguna anggaran harus benar-benar tepat sasaran dan sesuai kebutuhan, laksanakan mana yang bisa menjadi prioritas utama untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pembangunan yang merata,” imbuhnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *