Palangka Raya

Dinkes Palangka Raya Kejar Target Pelaksanaan Vaksin MR

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Guna meraih target 95 persen vaksin telah dilaksanakan untuk wilayah Kota Palangka Raya, membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya terus gencar mensosialisasikan pentingnya vaksin Measles (campak) dan Rubela (MR).

“Vaksin aman bagi anak-anak, bahkan oleh MUI diperbolehkan.Tapi sampai saat ini masyarakat masih banyak yang belum membawa anak-anaknya untuk di suntik vasin.,” ucap pemegang Program Imunisi pada Dinkes Kota Palangka Rata, Tiarma Saragi, Jum’at (7/9/2018).

Tercatat sampai saat ini sebut Tiarma, capaian realisasi vaksin MR baru mencapai 37 persen atau masih kurang 58 persen dari total 65.703 sasaran vaksin.

Namun begitu, Dinkes kota terus melakukan pendekatan dan sosialisasi vaksin MR hingga menyasar ke sekolah sekolah dan juga kelurahan.

Program vaksin MR itu sendiri jelas Tiarma, adalah dengan sasaran balita usia 9 bulan hingga usia anak sampai 16 tahun.

Untuk Kota Palangka Raya dilaksanakan pada Agustus sampai September 2018. Terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama selama Agustus vaksin difokuskan untuk sekolah-sekolah. Kemudian tahap kedua pada September ini difokuskan di Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan Posyandu serta di kelurahan-kelurahan.

“Ya, kalau masih banyak anak belum di vaksin diluar dua bulan ini, maka masyarakat masih bisa mendapatkan vaksin MR Untuk anaknya dengan mendatangi layanan kesehatan baik puskesmas maupun posyandu,”tuturnya.

Tiarma pun menyampaikan, program vaksin MR ini sangat berguna untuk mencegah dan mengurangi transmisi virus ketika nantinya anak balita memasuki usia dewasa. Maka itulah masyarakat diharap lebih proaktif lagi guna mensukseskan program imunisasi, sebagai upaya untuk mendukung kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Jadi memang sudah seharusnya semuanya mendukung vaksin MR untuk balita dan remaja,”tutupnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *