DPRD Kota Palangka Raya

DPRD Sampaikan Rekomendasi Tekait LKPJ Akhir Masa Jabatan Walikota

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – Pada Jumat (21/9/2018) pagi, DPRD Kota Palangka Raya kembali laksanakan rapat paripurna istimewa dalam rangka penyampaian rekomendasi DPRD terhadap laporan pertanggung jawaban (LKPJ) akhir masa jabatan Walikota tahun 2013-2018.

Memimpin sidang paripura tersebut, Wakil Ketua DPRD Ida Ayu Nia Anggraeni menyatakan bahwa LKPJ telah selesai dibahas dan dievaluasi oleh DPRD. Dan untuk menyikapi pembahasan LKPJ tersebut, tiap komisi di DPRD sudah turun kelapangan untuk melihat hasil pembangunan yang kemudian dilanjutkan dengan rapat dengar pendapat (RDP) bersama dengan mitra kerja di pemerintah kota (Pemko).

“Juga saya sampaikan jika rekomendasi ini diharapkan mampu menjadi landasan rancangan pembangunan, kebijakan umum, program kewilayahan, dan renjana kerja pemerintahan selanjutnya. Juga turut kita apresiasi atas kerja walikota 5 tahun kebelakang dalam membangun Palangka Raya,”ungkap Ida Ayu.

Sementara itu juru bicara tim pelapor DPRD, Diu Husaini membacakan hasil rekomendasi DPRD kepada pemko terkait LKPJ akhir masa jabatan walikota HM Riban Satia dan wakilnya Mofir Saptono.

Ada beberapa poin yang menjadi catatan serta rekomendasi dewan kepada pemerintah, berkaca keoada hasil pembangunan selama ini. Seperti peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kualifikasi guru tetap dan honorer, serta penganggaran untuk gajih guru tidak tetap diruang lingkup pemko.

“Sama halnya seperti sektor jasa dan pariwisata yang menjadi salah satu visi misi pemerintah. Kita rekomendasikan agar kedepannya ada peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengembangan pariwisata demi memajukan sektor perekonomian masyarakat dan kesejahteraan rakyat. Juga media promosi harus lebih diperluas,” ujar Diu dalam paparannya.

Selain itu, yang perlu diperhatikan oleh pemerintah kedepannya adalah mengenai rasionalisasi target pendapatan daerah yang dibebankan kepada seluruh SOPD melalui program pemerintah yang ada. Sebab dengan terlampau tingginya target, sedangkan kondisi dilapangan nyatanya bertolak belakang, justru akan membebani pemerintah sehingga tidak fokus dan target tidak tercapai.

Sementara itu wakil walikota, Mofit Saptono dalam sambutannya mengungkapkan terima kasih atas dibukanya ruang kerja sama antara eksekutif dan legiislatif selama masa kepemimpinan pihaknya. Ia berharap seluruh masukan dan rekomendasi serta catatan dari DPRD bisa menjadi masukan yang konstruktif untuk meningkatkan pembangunan dan kinerja pemerintahan selanjutnya.

“SOPD juga kami harapkan bisa memperhatikan seluruh rekomendasi yang disampaikan, demi terciptanya harmonisasi dalam pembangunan. Tak lupa saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja sama selama ini,” tutup Mofit.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!