DPRD KatinganKatingan

Pimpinan dan Anggota Ikuti General Check Up

“Waktunya selama empat hari, yakni dari tanggal 5-8 November 2019,” kata ketua DPRD Katingan, Marwan Susanto SSos, Rabu (6/11).

KASONGAN – Unsur pimpinan beserta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan yang berjumlah 25 orang ikuti General Check Up di Jakarta. “Waktunya selama empat hari, yakni dari tanggal 5-8 November 2019,” kata ketua DPRD Katingan, Marwan Susanto SSos, Rabu (6/11).

Menurut dia, maksud dilakukannya General Check Up tersebut untuk memeriksa kesehatan unsur pimpinan beserta anggota DPRD. Hal ini, juga dilakukan oleh anggota DPRD di seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia. “Sedangkan tujuannya, agar semua anggota dewan dapat menunaikan tugas pokok dan fungsi (tufoksi) dalam keadaan sehata selama masa tugasnya,” katanya.

Terkait dengan tempat General Check Up dimaksud, menurut Marwan, tidak harus di rumah sakit yang berada di Jakarta, tapi bisa saja di luar daerah lainnya. Namun untuk General Check Up pada tahun ini, DPRD Katingan memilih rumah sakit di Jakarta. Hal itu, berdasarkan hasil kesepakatan unsur pimpinan bersama-sama dengan anggota dewan. “Kalau di tahun-tahun mendatang ada lagi General Check Up, mungkin saja akan dilakukan di luar Jakarta atau di daerah lain,” ujar Politisi PDI Perjuangan ini.

Dia menjelaskan, jika General Check Up tidak harus dilakukan setiap tahun. Tapi, dilihat dari kebutuhan atapun kemampuan dana yang ada di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta atas hasil kesepekatan semua anggota dewan.

“Karena kegiatan ini merupakan salah satu program yang sudah dijadwalkan oleh Badan Musyawarah (Banmus), sehingga sudah selayaknya dananya dianggarkan melalui APBD Kabupaten/Kota masing-masing,” tuturnya.

Begitu pula di Kabupaten Katingan, lanjut Marwan, harus dianggarkan melalui APBD Kabupaten Katingan. Jadi, bukan dari dana pribadi masing-masing anggota DPRD. “Setelah melakukan General Check Up, kami berharap semua anggota DPRD Katingan dalam keadaan sehat wal afiat. Sehingga, dapat menjalankan tufoksinya sesuai dengan harapan masyarakat di bumi Penyang Hinje Simpei ini,” imbuhnya.

Sekembalinya ke Kasongan nanti, pihak dewan akan melanjutkan pembahasan Rancangan APBD tahun 2020 yang sebelumnya sudah berjalan selama satu pekan. “Sementara yang sudah dibahas sampai sekarang hanya sebatas tentang pendapatan,” sebut anggota dewan dari Dapil Katingan I yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan ini. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!