Palangka Raya

Kementerian PUPR Gelar Workshop Penyediaan Air Bersih

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Bidang Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), menyelenggarakan workshop bantuan manajemen dalam rangka penyehatan PDAM Wilayah I.

Kegiatan dihadiri Plt Asisten I Setda Kota Palangka Raya, Murni D Djinu mewakili Walikota Palangka Raya HM Riban Satia serta para nara sumber dari Kementrian PUPR , Kamis (13/9/2018). di ruang Peteng Karuhei (PK) I, kantor walikota Palangka Raya,

Dalam laporannya ketua panitia pelaksana workshop, Kasiyan mengatakan, bila berdasarkan Perpres nomor 90 tahun 2016 tentang BPPSPAM, dimana disebutkan bahwa BPPSPAM melaksanakan kegiatan peningkatan kinerja PDAM.

Sejalan dengan itu kata Kasiyan, BPPSPAM perlu melakukan fasilitas pendampingan terhadap PDAM dalam pelaksanaan penyehatan PDAM, seperti halnya kegiatan bantuan manajemen ini, dimana untuk kegiatan bagi PDAM Kota Palangka Raya sudah 5 bulan dilaksanakan

“Hari ini baru kita dapat melaksanakan workshop kegiatan bagi PDAM Kota Palangka Raya bersama Kementrian PUPR dan jajaran Pemko Palangka Raya,”ucap Kasiyan yang juga meruapakan pendamping PDAM Kota Palangka Raya ini.

Membacakan sambutan walikota Palangka Raya, Asisten I Setda Kota Palangka Raya, Murni D Djinu mengatakan, pemerintah pusat telah mencanangkan setiap daerah harus bisa mencapai target 100 persen air bersih. Hanya saja untuk Palangka Raya agar dapat mencapai target itu memerlukan dana yang cukup besar.

“Ini yang berat, maka itu Pemko Palangka Raya selama ini mendorong setiap perusahaan swasta bisa bekerja sama dengan PDAM,”cetusnya.

Adapun terkait dengan bantuan manajemen ini kata Murni, hendakya bisa dimanfaatkan, terutama dalam mendorong meningkatkan optimalisasi pendapatan dan penerimaan bagi PDAM.

“Sebut saja bagaimana manajemen peningkatan pendapatan dan penerimaan melalui sistem online. Atau bagiamana pengadaan alat deteksi kebocoran dan sebagainya,”tutup Murni.

Kegiatan workshop ini juga dihadiri Walikota Palangka Raya terpilih, Fairid Nafarin.VD
[13/9 22.01] Ferry p post: Pemko Berniat Ingin Mengembangkan Ternak Rusa
PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM
Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, tampaknya ingin serius dalam mengembangkan peternakan rusa

Bahkan menurut Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia, pihaknya baru-baru ini telah melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung dan Jawa Barat.

“Ya, pada pekan lalu, jajaran Pemko Palangka Raya berkesempatan untuk mempelajari sistem.ternak rusa yang ada di Provinsi Lampung dan Jawa Barat,”ungkap Riban Satia, Rabu (12/9/2018).
.
Riban menuturkan, seperti saat pihaknya berada di Provinsi Lampung, dimana ketikan itu telah mendapatkan penjelasan dari Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Syaiful Bachri yang mengungkapkan, bahwa penangkaran rusa yang mereka miliki tersebut dikembangkan sejak tahun 2012.

Bahkan awalnya penakaran rusa di Provinsi Lampung hanya ada sebanyak 26 ekor rusa jenis Timor Rensis, yang dikembangkan pada penakaran yang hanya seluas 2 hektar saja.Namun seiring waktu
rusa yang di pelihara terus berkembang biak dan bertambah jumlahnya menjadi 46 ekor.

Namun demikian, untuk makanan rusa di Provinsi Lampung saat ini masih didatangkan dari luar provinsi

“Nah.apa yang sudah diterapkan dalam.penakaran rusa di Provinsi Lampung. Maka kita harus mempertimbangkan perihal makanan untuk ternak rusa itu sendiri,”jelasnya.

Menurut Riban, wilayah Kota Palangka Raya, memiliki.potensi untuk mengembangkan ternak rusa.Bahka saat ini Pemko Palangka Raya telah memiliki lokasi penangkaran rusa seluas 200 hektare.

“Hal ini juga saya sampaikan di hadapan Wakil Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto, bahwa Palangka Raya sudah menyiapkan lahan untuk penangkaran rusa seluas 200 hektare, makanya kita laksanakan kunker untuk mempelajari soal penangkaran rusa ini,”terang Riban menceritakan.

Riban pun berharap, pada saatnya nanti Kota Palangka Raya bisa juga dapat mengembangbiakan penangkaran ternak rusa ini, asalkan ada tekat dalam hal pengelolaannya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *