Gunung Mas

KUBE Diharapkan Mampu Entaskan Kemiskinan

KUALA KURUN,GERAKKALTENG.COM– Sebagai salah satu pendekatan dalam rangka pemberdayaan masyarakat, kelompok usaha bersama (KUBE) diharapkan mampu meningkatkan produktivitas masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan.  Untuk itu, Dinas Sosial Kabupaten Gubung Mas, melalui Bidang Penanganan Fakir Miskin mengadakan Pertemuan Pengarahan Penggunaan Dana dan SPJ Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Tahun 2018 yang dilaksanakan di Aula Dinas Sosial Kabupaten Gunung Mas dan dibuka oleh Kepala Dinas Sosial, Drs. Budhy.
Pertemuan ini dihadiri oleh Kabid Fakir Miskin Kaban, SE terkait dengan Penerima Manfaat KUBE pada tahun 2018 beserta Kasi Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkungan Oktavianus, S.Hut dan Staf Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Gunung Mas. Kamis (06/9/18)
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gunung Mas, Drs. Budhy dalam arahannya terhadap penerima manfaat KUBE meminta dalam menerima bantuan bisa menjadi KUBE terbaik dan mampu mengatasi  masalah kemiskinan.
“Kegiatan pemberdayaan ini meliputi pemberian bantuan stimulan untuk kegiatan Usaha Bersama dalam merintis dan mengembangan usaha serta peningkatan keterampilan teknis anggota kelompok,” kata Drs. Budhy.
Menurutnya, pendamping sangat diperlukan dalam mengawal pelaksanaan KUBE demi tujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin khususnya peserta KUBE, sehingga para pendamping harus benar-benar memahami tugas dan fungsinya dalam menjalankan tugas dan penggunaan dana KUBE.  Dalam hal ini Kelompok yang dapat KUBE adalah Kecamatan Kurun, Kecamatan Tewah dan Kecamatan Kahayan Hulu Utara , dengan masing-masing KUBE yang didapat , Kecamatan Kurun 9 KUBE, Kecamatan Tewah 9 KUBE dan Kecamatan Kahayan Hulu Utara 12 KUBE.
Pertemuan ini disampaikan dengan tujuan agar semua pihak berwenang yang terlibat dapat mengetahui, memahami dan mendukung tugas kelompok dan pendamping dalam menggunakan dana KUBE agar dapat membuat SPJ sesuai waktu yang ditentukan.
Sedangkan Pengarahan bagi Kelompok KUBE dilaksanakan agar Kelompok memahami tujuan dan fungsinya Dana dengan baik dan benar.
Dengan adanya Pengarahan Anggota dan pendamping KUBE ini, diharapkan kelompok usaha bersama dari tahun ke tahun terus berkembang dan benar-benar dimanfaatkan, baik itu dari perkembangan produksi, perkembangan peningkatan penghasilan serta peningkatan mitra usaha. “Sehingga dana yang disalurkan dari pemerintah untuk kelompok usaha bersama dapat berguna secara efektif dan bermanfaat,” terangnya.(Srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!