HeadlinePalangka Raya

Palangka Raya Perlu Miliki “Cagar Budaya”

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Salah satu visi Pemerintah Kota Palangka Raya adalah terkait dengan kepariwisataan.
Sejalan dengan visi itulah membuat Walikota Palangka Raya HM Riban Satia berkeinginan kedepan kota ini bisa memiliki pusat pelestarian nilai budaya, yakni ‘cagar budaya’.

“Hingga kini kita belum memiliki cagar budaya yang dapat menjadi pusat wisata, ini karena terbentur anggaran yang masih minim,”ungkap Riban saat ditanya terkait pengembangan seni dan budaya di Palangka Raya,Minggu (2/9/2018).

Bahkan kata walikota, pihaknya sudah mencanangkan area lokasi Huma Betang Palangka Raya Hadurut, yang ada di komplek pameran Temanggung Tilung Palangka Raya,bisa menjadi kawasan yang tepat untuk dibangunnya cagar budaya tersebut.

“Saya berkeinginan terkait hal itu, agar kedepan Palangka Raya memiliki lokasi cagar budaya asli Palangka Raya. Lokasi itu di area Huma Betang Palangka Raya Hadurut, karena memiliki area lahan yang luas,”bebernya lagi.

Lebih lanjut Riban mengungkapkan, dengan memiliki cagar budaya, setidaknya menjadi perwujudan dari sebuah tekat suatu pemerintahan dalam upaya mempertahankan kelestarian nilai hidup kebudayaan.

Selain itu sebagai uoaya memperkuat sebuah tatanan penting perjalanan sejarah dan ilmu pengetahuan yang telah ada di daerah itu sendiri.

“Kita berharap untuk pemerintah Palangka Raya kedepannya, bisa mewujudkan agar cagar budaya yang bisa diandalkan oleh masyarakatnya bisa dimiliki,”tuturnya.

Ditambahkannya, arti penting keberadaan cagar budaya setidaknya tidak lepas dari potensi-potensi budaya yang tinggi. Karena Palangka Raya itu sendiri memiliki warisan keragaman dan kultur yang tidak kalah dengan daerah lainnya. Termasuk sejarah panjang pembangunan daerah.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *