Gunung Mas

Pemilihan Ketua OSIS SMPN 1 Kurun Gunakan Sistem Pemilu

KUALA KURUN, GERAKKALTENG.COM – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kurun melaksanakan pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) masa bakti 2018/2019, Selasa (4/9/2018) lalu. Namun pilihan ini dengan sistem pemilihan umum (Pemilu) yang diikuti oleh ratusan peserta didik.

”Pemilihan dengan sistem pemilu ini kita lakukan untuk memberikan pendidikan demokrasi dengan bijak, dan mengenalkan sejak dini tentang tahapan pemilu kepada peserta didik,” ucap Kepala SMPN 1 Kurun Ina Marita, Jumat (7/9/2018).

Dikatakannya, dalam pemilihan tersebut, sekolah menyiapkan bilik suara, kotak suara, tinta, dan alat pencoblosan. Sebelum mencoblos, ratusan peserta didik harus mengantri untuk mendapatkan surat suara yang berisi foto kandidat. Mereka pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Setelah mencoblos, surat suara dilipat kembali dan dimasukkan kedalam kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, mereka harus mencelupkan tangan kedalam tinta, agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.

”Pemilihan ketua OSIS ini, diawali dengan proses penjaringan, seleksi, pelaksanaan kampanye dari para kandidat dengan pemaparan visi dan misi mereka, yang dilanjutkan dengan pemberian sosialiasi tata cara pencoblosan,” tutur mantan Kepala SMPN 3 Tewah ini.

Dia menambahkkan, ada lima calon ketua OSIS yang mendaftarkan diri, yakni Andika Septa Eka Kaharap, Rendi, Dimas Zidane Andalan, Yunisa Nasela, dan Aprilio. Mereka memperebutkan 686 suara. Setelah semua memberikan hak suaranya, langsung dilanjutkan dengan penghitungan.

”Hasil penghitungan, Dimas Zidane Andalan terpilih sebagai Ketua OSIS dengan 251 suara, Andika Septa Eka Kaharap 168 suara, Ronald Aprilio 108 suara, Rendi 107 suara, Yunisa Nasela Evansa 47 suara. Ada 681 suara sah dan lima suara tidak sah. Pengukuhan Ketua OSIS dilaksanakan Senin (11/9/2018),” ujarnya.

Sementara itu, Ketua OSIS terpilih Dimas Zidane Andalan berjanji akan menjalankan visi dan misi yang telah dipaparkan. Untuk visi, akan menjadikan SMPN 1 Kurun menjadi sekolah berkualitas, berprestasi, inovatif, bertanggung jawab dan dilandasi oleh iman.

Sedangkan misi, ingin menghasilkan kader yang mampu menunjukkan identitas dan eksistensi dalam akademik maupun keorganisasian, menumbuhkan rasa kekeluargaan antara peserta didik dan guru, meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga lingkungan sekolah, mengembangkan kreativitas, bakat, minat, dan potensi melalui kegiatan ekstrakulikuler, mengoptimalkan fungsi dan peranan OSIS, serta melanjutkan program OSIS yang belum terlaksana.

”Ada beberapa program yang juga akan dilaksanakan, yakni ingin adanya ruang OSIS sebagai tempat berkumpul dan memamerkan hasil karya peserta didik, menggelar lomba yang diminati, mengusulkan kegiatan English Day minimal empat minggu sekali, mengadakan lomba mading, tetap melaksanakan Spensa Cup, membuat Komunitas Peduli Sampah (KPS), dan membuat sebuah website atau situs,” terangnya. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *