DPRD Gunung MasGunung Mas

Pemkab Sepakati Nama Ibu Kota Rungan Manuhing

Kuala kurun,GerakKalteng.Com–Warga Rungan Manuhing gelar Acara Pumpung Hai di Kelurahan Jakatan Raya Kecamatan Rungan Kabupaten Gunung Mas (Gumas). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari upaya pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

Acara pembukaan Pumpung Hai Warga Rungan Manuhing ini berlangsung di Lapangan Baras Ngahai Kelurahan Jakatan Raya Kecamatan Rungan, Sabtu (8/9/2018).

Kegiatan tersebut, dihadiri Kapala Bagian Otonomi Daerah pada Biro Pemerintahan Setda Provinsi Kalimantan Tengaah (Kalteng), Ananto Setiawan, S. Hut., MSi, Wakil Bupati Gunung Mas Rony Karlos, S.Sos, Katua DPRD Drs. H Gumer, Wakil Ketua DPRD Punding Merang, S.Sos, Anggota DPRD Dapil II, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, serta masyarakat Rungan Manuhing.

Ketua panitia, Soeprapto Sungan, SH mengatakan, Pumpung Hai warga Rungan Manuhing adalah menyepakati, letak ibu kota Rungan Manuhing, dan menyepakati nama ibu kota Rungan Manuhing.

“Kegiatan ini juga, dalam rangka melengkapi proposal daerah otonomi baru, Rungan Manuhing untuk disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri Bidang Otonomi Daerah di Jakarta,” kata Soeprapto Sungan, SH.

Wakil Bupati Gunung Mas Rony Karlos, S.Sos. saat membuka kegiatan mengatakan, pihaknya sangat memahami kerinduan masyarakat Rungan Manuhing untuk segera menjadikan Rungan Manuhing berdiri sendiri sebagai daerah otonomi baru.

Sudah selama 18 tahun dari kongres pertama, hingga saat ini dengan tenang dan sabar menunggu waktu yang tepat dan memungkinkan untuk mengajukan kembali rencana pemekaran Kabupaten.

“Untuk ini kami menghimbau kepada masyarakat Rungan Manuhing agar dapat secara aktif dan kompak saling bahu membahu menyukseskan kegiatan pemekaran ini,” ungkap Rony Karlos, S.Sos.

Untuk kelancaran semua ini Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas dapat merestui dan mendukung sesui prosedur yang berlaku, tentunya sesuai kewenangan dan kemampuan yang ada pada kami.

“Saya senang melihat tema Pumpung Hai warga Rungan Manuhing ini yaitu : “Handep Haroyong Menuju Terwujudnya Kabupaten Rungan Manuhing” ini sangat baik dan membawa pesan positif bagi masyarakat Rungan Manuhing agar masyarakat secara personal dapat selalu aktif dalam pelaksanaan pembangunan,” ujar Rony Karlos. (Wan/Hsg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *