Palangka Raya

Pemko Perlu Dana Rp253,8 Triliun Untuk Target 100 Persen Air Bersih

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – Plt Asisten I Setda Kota Palangka Raya, Murni D Djinu mengatakan, saat ini pemerintah pusat mencanangkan setiap daerah harus bisa mencapai target 100 persen air bersih. Namun di Palangka Raya, untuk dapat mencapai target itu memerlukan dana yang tidak sedikit, setidaknya perlu dana Rp253,8 Triliun.

Penjelasan dana sebesar itu disampaikan Murni saat membacakan sambutan Walikota Palangka Raya HM Riban, pada kegiatan workshop bantuan manajemen dalam rangka penyehatan PDAM Wilayah I, yang digelar pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Bidang Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), Kamis (13/9/2018) di ruang Peteng Karuhei (PK) I, kantor walikota Palangka Raya.

Lanjut Murni menjelaskan, hingga saat ini pemerintah kota Palangka Raya masih dihadapkan pada masalah pendanaan. Khusus untuk mencapai target 100 persen air bersih ini.

Sejauh ini dana triliunan yang diperlukan itu, hanya 20 persen yang ditransfer dari APBN. sedangkan 80 persen atau sekitar Rp201 Triliun itu dari non APBN.
“Ini yang berat bagi pemerintah kota, maka itu perusahaan swasta yang ada diharapkan bisa bekerja sama,terutama dengan PDAM Palangka Raya,’cetus Murni.

Sementara itu Pendamping PDAM Palangka Raya, Kasiyan mengatakan, bahwa tugas BPPSPAM saat ini ialah membantu pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dilaksanakan oleh BUMN dan BUMD penyelenggara SPAM.

“Diharapkan kedepan PDAM dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan nilai kerjanya dapat menjadi sehat lagi.”tuturnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *