DPRD SeruyanSeruyan

Pileg dan Pilpres 2019 hanya Berlaku e-KTP untuk Pemilih

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Seruyan, Drs. H. Mansyur Ibrahim, SH, MM

GERAKKALTENG.COM,KUALA PEMBUANG- Berbeda dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 pemilih masih bisa mempergunakan Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan Disdukcapil setempat.  Namun pada pemilu legislatif dan pemilihan presiden 2019, pemilih diwajibkan membawa KTP elektronik saat pencoblosan.  Pemilih yang belum memiliki KTP elektronik tidak bisa menggunakan hak pilih.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Seruyan, Drs. H. Mansyur Ibrahim, SH, MM menyebutkan, ini berdasarkan surat edaran Mendagri soal pemilih wajib memiliki KTP elektronik dan pihaknya pun telah gencar melakukan sosialisasi terkait hal ini.
“Kalau untuk pemilihan kepala daerah masih diperbolehkan yang tak memiliki KTP elektronik mencoblos asal membawa surat keterangan atau suket. Tapi untuk pemilu legsilatif dan pemilihan presiden 2019, pemilih wajib membawa KTP elektronik,” kata Mansyur Ibrahim, di Kuala Pembuang, Selasa (4/9/2018).
Pihaknya pun, saat ini terus berupaya mengejar target penyelesaian bagi penduduk wajib KTP yang belum melakukan proses perekaman, dengan memaksimalkan pelayanan perekaman KTP Elektronik yang ada di seluruh kecamatan hingga di Disdukcapil Seruyan.  Termasuk secara terjadwal turun langsung jemput bola memberikan pelayanan pada kecamatan-kecamatan yang hingga saat ini masih banyak warganya belum melakukan perekaman
“Kita terus kejar target untuk menuntaskan warga wajib KTP, namun belum melakukan proses perekaman, mudah-mudahan bisa kita tuntaskan sebelum pelaksanaan Pilpres dan Pileg,” tegasnya. (hd/ir)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *