DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Temukan Ada Bekas Minyak Di Sungai Buluh Tibung ,Alexius Sebut Itu Sudah Pencemaran

SAMPIT, Gerakkalteng.com- Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Senin (3/9) tadi siang, Sekertaris Komisi II DPRD Kotim, Alexius Esliter mempertanyakan kepada instansi terkait, baik dari DLH, Dinas Perikanan, dan Kepolisian yang hadir saat itu menyangkut ada ditemukannya bekas-bekas minyak di perairan Sungai Buluh Tibung, yang diduga kuat bekas limbah tersebut.

“Jelas terlihat dilapangan, disaat kami sidak waktu itu ada bekas minyak, artinya persis bekas limbah sawit, apakah itu bukan pencemaran namanya, bukankah itu sudah pencemaran namanya,” Ungkap Alex sambil menujukan pertanyaannya kepada pihak instansi terkait.

Hal ini juga dibenarkan oleh pihak instansi terkait yang juga ada melihat bekas-bekas minyak di TKP pada saat pengambilan sampel guna uji laboratorium tersebut baru-baru ini.Bahkan semua instansi menyatakan benar adanya ditemukan ada bekas-bekas minyak tersebut di sungai.

Dalam hal ini Alexius dengan tegas meminta agar pencemaran tersebut harus dipertanggungjawabkan oleh pihak perusahaan setempat, dan meminta pihak kepolisian melakukan pengembangan penyelidikan terkait temuan tersebut.

“Kalau memang itu benar, berarti itu harus dipertanggungjawabkan. Dan siapa yang bertanggungjawab atas hal itu, kan begitu, artinya pihak perusahaan, karena memang bekas minyak itu persis sekali dengan minyak sawit,” Tuturnya.

Bahkan Alexius membantah statement Kepala Dinas DLH yang sebeumnya menyatakannya bahwa tidak ada bekas minyak-minyak limbah sawit di TKP tersebut.

“Kami melihat dengan mata kepala sendiri, bekas minyak-minyak itu ada, dan ikan-ikan yang masih sekarat itu ada banyak, yang mati juga ada,”Tutupnya.(So)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *