Barito Utara

Tes CPNS Barut Hanya Kebagian Profesi Guru dan Tenaga Kesehatan

Sekda Barut : Jainal Abidin

Muara Teweh, Gerakkalteng.com-Tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, tahun 2018 ini ternyata hanya untuk tenaga pendidik (guru) dan tenaga kesehatan (medis), sedangkan untuk tenaga umum atau teknis sama sekali tidak ada lowongan.

Hal ini disampaikan Sekda Barut Jainal Abidin kepada wartawan, Selasa (11/9/2018). Menurutnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) hanya memberikan jatah 255 formasi untuk Pemkab Barito Utara. Semuanya untuk tenaga pendidik dan kesehatan.

Dari alokasi tersebut, 137 orang di antaranya diperuntukkan bagi tenaga guru, sedangkan sisanya 118 untuk tenaga kesehatan.

“Kami sebenarnya mengusulkan kebutuhan pegawai ke pemerintah pusat sampai 1.367 orang. Itu termasuk untuk tenaga umum dan tenaga teknis lainnya. Tapi, pemerintah pusat hanya menyetujui 255 orang, semuanya untuk alokasi tenaga guru dan kesehatan,” ungkap Jainal Abidin.

Ia menjelaskan, proses pendaftaran CPNS di Barito Utara sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan pemerintah pusat, yakni dimulai pada 19 September 2018. Dia meminta peminat lowongan CPNS untuk segera menyiapkan berkas yang lengkap sehingga tak terlalu lama dalam pengurusan pendaftaran peserta.

Salah satu syarat yang sudah ditentukan adalah soal kualifikasi pendidikan. Untuk tenaga guru, ijazah terakhir yang harus dimiliki pelamarnya adalah Strata 1 (S1) atau minimal Diploma 4(D4). Dan untuk tenaga medis minimal Diploma 3 (D3) dan Strata 2 (S2) untuk dokter spesialis.(SBI)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *