Palangka Raya

Tim LPPM UPR Lakukan Kajian Perubahan Kesadaran Perempuan

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Walikota Palangka Raya HM Riban Satia bersama wakilnya Mofit Saptono Subagio, didampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Palangka Raya, Barit Riyanto, menerima audensi Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Univeristas Palangka Raya (UPR),Rabu (12/9/2018), diruang Peteng Karuhei (PK) I Kantor Wali Kota Palangka Raya.

Kedatangan tim LPPM UPR yang terdiri dari Sekretaris LPPM UPR, Saputra dan Ketua Tim Peneliti LPPM UPR, Evi Nurleni serta anggota peneliti lainnya, adalah untuk memaparkan sekaligus kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan Pemerintah Kota Palangka Raya.

“Kedatangan kami selain silaturahmi juga untuk menawarkan kerja sama dibidang penelitian, yang menyangkut tentang perubahan kesadaran perempuan yang terencana menuju pemberdayaan,”kata Saputra.

Menurutnya, saat ini kaum perempuan memerlukan kebijakan atau regulasi yang mampu merubah dimensi kehidupan kaum perempuan, sehingga benar-benar memiliki kekuatan gender.

“Dalam penelitian ini ada beberapa indikator dalam menganalisis aspek penting untuk merubah kaum perempuan sebagai model longwe ditengah kehidupan masyarakat, dengan tujuan akhir perubahan kesadaran perempuan memerlukan sebuah kebijakan atau regulasi,”cetusnya.

Adapun Ketua Tim Peneliti LPPM UPR, Evi Nurleni memaparkan, dalam penelitian yang dilakukan, maka orientasi potensi yang dimiliki perempuan sebagai bentuk kelebihan diyakini mampu membangun kesadaran perempuan yang terencana.

Aktivitas kaum perempuan selalu erat dengan kodratnya selama ini. Padahal apa yang dikerjakan kaum perempuan juga harus bisa dilakukan oleh kaun laki-laki, seperti membuang sampah, mengasuh anak, menolong menyelesaikan PR, membersihkan halaman, membersihkan alat rumah tangga dan lain-lain. “Ini yang menjadi bagian analisis untuk dilakukan penelitian,”paparnya.

Untuk objek maupun lokasi penelitian yang dilakukan, tambah Evi, maka pihaknya memilih melakukan penelitian pada masyarakat di Kelurahan Kereng Bangkirai Kecamatan Sebangau Kota Palangka Raya.

Sementara itu, Walikota Palangka Raya HM Riban Satia dalam kesempatan itu mensuport atas dilakukannya kegiatan maupun kerjasama penelitian yang berkaitan dengan perubahan kesadaran perempuan.

Namun demikian alangkah baiknya, kata dia, jika mengkaji atau menganalisi kegiatan gender ini, tidak hanya dilakukan pada masyarakat di Kelurahan Kereng Bangkirai saja, akan tetapi kelurahan lainnya perlu juga dilakukan secara menyeluruh.

“Hasilnya dapat dipadukan dalam mengukur keseteraaan gender di Kota Palangka Raya,”pintanya.

Dalam audensi tersebut juga turut dihadiri sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya, serta Wakil Walikota Palangka Raya terpilih Hj. Umi Mastikah.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *