DPRD Gunung MasGunung Mas

Adpem Gumas-Biro Pemerintahan Kerjasama Pembangunan, Peningkatan SDM dan Pengentasan Kemiskinan

KUALA KURUN, GERAKKALTENG.COM – Bagian Administrasi Pemerintahan (Adpem) Sekretariat Daerah Kabupaten Gunung Mas, menjalin kerjasama dengan Biro Pemerintahan Setda Provinsi Kalimantan Tengah, bagian Hubungan Kerjasama, menggelar rapat dan sosialisasi kerjasama antar daerah tahun 2018 di aula lantai I kantor Bupati Gunung Mas, Kamis ( 18/10/2018).

Kegiatan yang dihadiri sekitar 70 orang peserta dari masing masing perwakilan dari OPD dinas/Badan kantor kabupaten Gunung Mas ini,
dibuka oleh Asisten I Setda Kabupaten Gunung Mas, Ambo Jabar. Dengan narasumber Drs.Yoyo,M.Si perwakilan Kepala Bagian Hubungan Kerjasama Provinsi Kalteng.

Perwakilan Kepala Biro Pemerintahan bagian hubungan kerja sama Provinsi Kalimantan Tengah Drs.Yoyo,M.Si mengatakan tujuan kerjasama ini adalah sebagai salah satu sumber tambahan pendanaan untuk pelaksanaan pembangunan,sebagai pelengkap untuk membiayai program/ kegiatan yang tidak diakomodir melalui APBN/ APBD dan Peningkatan Kemampuan dan Ketrampilan SDM melalui alih teknologi dan pengetahuan dari pihak asing kepada tenaga/lembaga indonesia, serta mendukung pelaksanaan pembangunan, peningkatan kesejahteraan dan upaya pengentasan kemiskinan.

Asisten I Setda Kabupaten Gunung Mas Bidang Kesejahteraan Rakyat, Ambo Jabar menyampaikan kepada 70 peserta sosialisasi, keberadaan kerjasama, baik antar daerah maupun dengan pihak lain menempati posisi penting dalam pelaksanaan pembangunan daerah dan menjadi suatu kebutuhan bagi pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan program-program pembangunan daerah.

Sosialisasi ini merupakan satu kesatuan dalam rangkaian kegiatan sinkronisasi dan fasilitasi kerjasama daerah dalam rangka optimalisasi dan pengembangan pelaksanaan kerjasama.

Sebagaimana diamanatkan dalam PP Nomor 28 tahun 2018, tentang kerja sama daerah, yaitu usaha bersama antara daerah dan daerah lain, antara daerah dan pihak ketiga, yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta saling menguntungkan.

Pihaknya mengharapkan perlu adanya kerja sama antar daerah, sebab pihak pihak yang bekerjasama dapat membentuk kekuatan yang lebih besar, para pihak juga dapat mencapai kemajuan yang lebih tinggi dan lebih berdaya guna serta memperkecil atau mencegah konflik, ucap Ambo Jabar. (Wan/Srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!