DPRD Pulang PisauPulang Pisau

Disnaker dan Perusahaan harus Bekerjasama

HADIRI KEGIATAN: Ketua DPRD Pulpis H Maruadi saat menghadiri salah satu kegiatan di GPU Pulpis

PULANG PISAU,GERAKKALTENG.COM- Wakil Ketua I DPRD Pulang Pisau (Pulpis) Ahmad Fadli Rahman berharap agar Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) bisa proaktif dalam mendata tenaga kerja yang bekerja sebagai karyawan perusahaan swasta yang ada di Pulpis. Hal tersebut ia sampaikan mengingat, masih adanya perusahaan yang tidak terbuka dalam merekrut tenaga kerja, sehingga kesempatan atau peluang kerja bagi putra putri daerah bisa dikatakan kecil atau malah tidak ada.
“Perekrutan tenaga kerja di perusahaan tentunya harusnya terbuka. Untuk itu kami berharap seluruh perusahaan yang ada di Pulang Pisau bisa berkoordinasi dengan Disnaker saat melakukan perekrutan karyawan dan jangan melakukan perekrutan secara diam-diam,” katanya.
Menurutnya, jika ada koordinasi yang baik dari pihak perusahaan kepada pemerintah dalam hal perekrutan tenaga kerja, maka warga yang memiliki kemampuan khususnya masyarakat Pulang Pisau akan memiliki peluang kerja yang sama dengan tenaga lainnya.
“Pemerintah pun harus memberikan dukungan dengan mempersiapkan tenaga yang trampil melalui latihan di Balai Latihan Kerja (BLK). Selain itu, dinas terkait juga harus proaktif mendata ke perusahaan, kalau perlu dinas turun kelapangan untuk mendata perusahaan-perusahnaan itu, karena yang menjadi pusat data bagi tenaga kerja ya Disnaker,” ucapnya.
Ia memaparkan data karyawan yang bekerja di Pulpis dari manapun tenaga kerja tersebut berasal seharusnya ada di Disnaker. Seandainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, tentunya Disnaker bisa langsung mengecek dan merespon dengan cepat karena memiliki data karyawan.
“Kalau terjadi sesuatu yang ditanya pasti dinas yang bersangkutan, maka dari itu seharusnya perusahaan atau Disnaker bisa berkoordinasi agar seluruh kegiatan yang dilakukan bisa terpantau dan berjalan dengan baik,” pungkasnya. (Ars)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!