Barito Utara

Gubernur Janjikan Tambah Mesin Alat Pertanian 

Muara Teweh,Gerakkalteng-Gubernur Kalimantan Tengah H.  Sugianto Sabran memberikan apresiasi kepada petani padi dan petani jagung yang berada di Kabupaten Barito Utara.

Di sela-sela kunjungan kerja menghadiri pembukaan porprov Xl 2018 di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara (Barut), H. Sugianto Sabran  melakukan tinjauan langsung  ke Desa Mampuak Satu dan Desa Mampuak Dua Kecamatan Teweh Timur, Sabtu (20/10/2018).

Gubernur beserta Anggota DPR-RI  Dapil Kalimantan Tengah Rahmat Nasution Hamka dan Plt. Sekda Provinsi Fahrizal Fitri, Bupati Barito Utara H.  Nadalsyah, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, SH beserta Unsur FKPD Kepala Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten Barito Utara melakukan perjalanan Darat melintasi jalan negara dan melanjutkan perjalanan dari simpang Km 30 Desa Sikui Kecamatan Teweh Baru menuju Desa Mampuak menempuh waktu kurang lebih dua jam perjalanan.

Sesampainya dilokasi Gubernur beserta Bupati dan rombongan melakukan panen jagung menggunakan mobil panen modern. Gubernur sangat merespons langkah langkah yang dilakukan Bupati H.  Nadalsyah untuk memotivasi petani lebih aktip dan kreatif lagi mengolah dan memanfaatkan lahan.

Melihat hasil pertanian di desa tersebut dan untuk lebih meningkatkan hasil petani, Gubernur memerintahkan Kadis Pertanian Provinsi untuk menganggarkan penambahan mesin panen untuk petani di Desa Mampuak Satu Dan Desa Mampuak  Dua.

Dalam kesempatan yang Gubernur juga menyempatkan diri melihat kelompok peternakan masyarakat yang dikelola secara swadaya, dan sangat tertarik dengan Bio Gas yang dihasilkan dari kotoran ternak.

“Saya akan menyumbang dana pribadi untuk penambahan sarana dan prasarana yang sudah diterapkan masyarakat namun diharapkan kesungguhan semua pihak untuk mengembangkannya,” tegasnya.

Bupati Barito Utara pada saat menyampaikan kata pembuka di acara temu wicara mengatakan ucapan terimakasi kepada Pemerintahan Provinsi dan juga kepada Anggota DPR-RI dapil Kalteng yang telah membantu dan menganggarkan alat pertanian serta peningkatan infrastruktur di Kabupaten Barito Utara.

H.  Nadalsyah menyampaikan bahwa pemerintah akan terus berupaya meningkatkan anggaran pertanian sehingga target Swasembada akan tercapai.

“Pemerintahan Kabupaten  melalui Dinas Pertanian akan selalu memprioritaskan  peningkatan anggaran pertanian di Kabupaten Barito Utara, harapan kami dengan meningkatnya anggaran pertanian target kita untuk Swasembada bisa tercapai,” pungkas Nadalsyah. (SBI)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *