DPRD KatinganKatingan

Legislator Ini Meminta Dinkes Bagikan Masker Untuk Masyarakat

KASONGAN,GERAKKALTENG.COM– Wakil ketua komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Karyadi S Sos M AP meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Katingan agar membagikan masker kepada masyarakat Kabupaten Katingan, yang sedang beraktivitas di luar rumah baik yang sedang mengendarai kendaraan roda dua maupun kepada para pelajar SD, SMP, SMA serta yang sudah kuliah di perguruan tinggi. Permintaannya ini diungkapkannya Kamis (4/10/2018).

Menurutnya tujuan untuk menghindari dampak dari kabut asap yang sudah satu pekan terakhir mulai memasuki Kabupaten Katingan, entah itu hasil kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah sendiri ataupun asap kiriman yang berasal daerah luar daerah.

“Yang jelas, asap di kota Kasongan dan sekitarnya dalam satu pekan ini semakin hari semakin bertambah, terutama pada pagi hari, dari pukul 04.30 wib hingga ke pukul 07.00 wib embun beserta kabut menyelimuti kota Kasongan dan sekitarnya, sementara pada siang hari masih terlihat mendung,”jelasnya.

Selain membagi-bagikan masker, dirinya juga meminta kepada semua UPTD atau Puskesmas di 13 wilayah kecamatan agar mempersiapkan obat-obatan infeksi saluran pernafasan akut (ispa) dan sejenisnya. Karena, berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, seperti di tahun 2015 yang lalu, bila terjadi karhutla tentu saja mengeluarkan asap.

Jika aasap tersebut terhisap oleh masyarakat, terlebih lagi bagi anak balita maka besar kemungkinan balita tersebut akan mengindap penyakit ispa. Untuk menghindari penyakit ispa tersebut, alangkah baiknya UPTD atau Puskesmas menyediakan terlebih dahulu obat-obatan dimaksud. “Sehingga, masyarakat yang terkena penyakit ispa, dan jauh dari ibukota Kabupaten, bisa berobat di Puskesmas terdekat,”sarannya.

Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan, dirinya meminta agar melakukan patroli di semua kecamatan yang rentan karhutla. “Hal ini untuk mengantisipasi api yang kecil menjadi besar,” ujarnya, seraya mengingatkan pula kepada masyarakat Katingan di semua kecamatan agar tidak membakar lahannya di musim kemarau ini. Karena, kemarau yang kita hadapi di tahun 2018 ini tampaknya belum ada tanda-tanda berakhir. Sehingga, kita semua perlu mengantisipasi sedini mungkin.
(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!