Barito Timur

Pemda Bartim Dorong Peningkatan Pemahaman dan Pengetahuan Perkoperasian

Foto : Staf Ahli Bidang SDM Forty melakukan foto bersama dengan peserta kegiatan.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Barito Timur menggelar pelatihan peningkatan Pemahaman dan Pengetahuan Perkoperasian serta Kapasitas dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Koperasi Angkatan I di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur.

Penjabat Bupati Barito Timur, Iwan Gunawan melalui Staf Ahli SDM Forty Rickyannou menyampaikan, bahwa sangat penting untuk memahami perkoperasian dengan segala bentuk aktivitas maupun tanggung jawabnya.

“Ini kan badan hukumnya dulu, kemudian kepengurusannya, kemudian bidang tugasnya. Organisasi koperasi itukan ada anggaran dasar dan rumah tangga dijalankan itu semua,” kata Forty Rickyannou, Senin (30/10/2023).

Kegiatan pelatihan peningkatan pemahaman dan pengetahuan perkoperasian serta kapasitas dan kompetensi SDM koperasi, bertujuan juga untuk memberikan pemahaman kepada pengurus koperasi agar lebih memahami tentang perkoperasian, sesuai perundang-undangan yang berlaku.

“Baik itu, rapat anggota, tahunan itu perlu ditekankan karena memang organisasi. Habis itu, pendamping dari Dinas dengan monitoring pengawas ketat, karena kalau cuma membentuk sja tidak didukung pendamping akhirnya organisasi tidak berjalan,” jelasnya.

Selanjutnya, Forty Rickyannou berharap dengan kegiatan ini potensi dan daya dukung koperasi, dapat dioptimalkan sehingga koperasi benar-benar mampu berperan serta dalam peningkatan ekonomi kerakyatan khususnya di Kabupaten Barito Timur.

“Kalau pelatihan ini menambah wawasan, karena kadang-kadang apa yang disampaikan di teori ini bagaimana supaya bisa mereka terapkan di organisasi,” ujarnya.

“Untuk koperasi, intinya bagaimana koperasi itu berjalan sesuai dengan anggaran dasar rumah tangga, kalau sekarang media kompetensi, medsos lebih banyak lagi peluangnya,” demikian. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!