Palangka Raya

Dorong Setiap Kelurahan Milik Produk Unggulan

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Wakil Walikota Palangka Raya, Hj Umi Mustikah mendorong setiap wilayah di kota setempat untuk bisa memiliki minimal satu produk unggulan, dengan menyesuaikan potensi yang dimiliki wilayahnya.

“Satu produk unggulan untuk satu wilayah. Jadi, masing-masing mempunyai nilai tersendiri, baik perbedaan maupun keunggulan,”cetusnya,Sabtu (17/11/2018).

Semisalkan lanjut Umi, untuk kawasan Kereng Bengkirai yang memiliki produksi perikanan tangkap yang melimpah. Maka dapat digunakan dengan memproduksi aneka kerupuk olahan dari ikan..

Begitu juga kawasan wisata “Air Hitam” bisa dioptimalkan warga dengab membuat aneka pernak pernik keterampilan tangan untuk oleh oleh, berupa gantungan kunci, ataupun aneka kerajinan yang lainnya sesuai dengan tema wisata yang ada.

Hal serupa juga bisa dilakukan, seperti di Kecamatan Bukit Batu yang bisanya memiliki panen buah dan sayur mayur. Bisa diolah untuk kuliner ataupun manisan

“Memang untuk mendorong akan hal itu bukanlah sesuatu yang mudah. Diperlukan kesepahaman yang sama.Terutama bagaimana dorongan.pemerintah daerah bisa dijalankan,”tuturnya.

Dalam bagian lain tambah Umi, masalah yang sering dihadapi adalah sial permodalan. “Hal ini tentu perlu juga didukung oleh pemerintah daerah maupun pihak lainnya.Seperti halnya perbankan,”tutupnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!