DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Fraksi DPRD Beri Beberapa Catatan RAPBD 2019

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM
Mayoritas fraksi pendukung di DPRD Kota Palangka Raya menyetujui Raperda APBD Kota Palangka Raya tahun 2019. Hal tersebut terungkap dalam rapat paripurna DPRD Kota Palangka Raya dengan agenda pemandangan umum fraksi terhadap pidato pengantar Wali Kota Palangka Raya tentang RAPBD 2019.

Sidang paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto, dihadiri oleh Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin dan wakilnya, Hj Umi Mastikah serta jajaran OPD dan Forkopimda lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya,Jum’at (2/11/2018) sore lalu,di gedung dewan setempat.

Meski dalam paripurna tersebut ke lima fraksi tidak menyampaikan pemandangan umumnya secara langsung terkait pidato wali kota tentang APBD 2019. Namun pada paripurna itu semua fraksi melalui juru bicara fraksinya menyetujui Raperda APBD 2019 untuk dibahas lebih lanjut dengan memberikan beberapa catatan melalui laporan pemandangan yang diserahkan langsung kepada Wali Kota Palangka Raya.

Seperti fraksi PDI Perjuangan yang memberikan beberapa catatan sekaligus saran kepada eksekutif, yakni agar memperhatikan perencanaan yang dibuat benar-benar merujuk pada tujuan utama.

“Mengingat dalam setiap penyusunan dan perencanaan yang ada adalah alat atau media untuk merujuk pada rencana besar pembangunan Kota sebagaimana yang tertuang dalam Visi, Misi WalI Kota Palangka Raya,”tulis fraksi PDI P.

Disampaikan, sejumlah point-point dari RAPBD 2019 diharapkan harus benar-benar menajadi tujuan pokok pemerintah kota Terlebih berpijak dari materi pidato pengantar Wali Kota Palangka Raya,dimana struktur anggaran sebagai pendapatan sebesar Rp. 1, 133 Triliun lebih. Lalu belanja sebesar Rp. 1,161 Triliun lebih pembiayaan Netto sebesar Rp. 27,2 Miliar lebih.

“Maka kami Fraksi PDIP DPRD Kota Palangka Raya dengan semangat untuk terus mengawal dan memberikan layanan yang terbaik sebagaimana mandat yang telah dititipkan,”tutup fraksi PDI P ini.

Sementara itu Fraksi Golkar Kota Palangka Raya dalam pemandangan umum tertulisnya mengetengahkan bahwa titik berat APBD 2019 harus mampu.mendorong dan mempercepat proses pembangunan Kota Palangka Raya.

Dikatakan, titik berat pembangunan, seperti, infrastruktur jalan dan draenase, pendidikan, pelayanan publik dan peningkatan pendapatan daerah harus dipercepat serta disingkronisasikan.

“Fraksi Golkar juga berpesan, agar pelayanan kesehatan terus mendapat perhatian.Disisi lain, terobosan serta inovasI harus lebih diperkuat guna mendukung percepatan pembangunan Kota Palangka Raya,”tulis fraksi ini menyimpulkan.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *